Sopir Mengantuk, Kernet Tewas

Jumat, 18 Oktober 2019

Kamis, 26 Sep 2019, dibaca : 3084 , halim, rdb

PARAH: Bagian depan truk muat pasir yang ringsek dan makan korban setelah menabrak truk fuso yang parker di bahu jalan

PROBOLINGGO - Ini peringatan bagi para pengendara agar tak mengemudikan kendaraan dalam kondisi mengantuk. Lengah sedikit, bisa berakibat fatal. Seperti yang terjadi di jalan Raya Bromo Kelurahan Triwung Lor, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, Kamis dinihari (26/9). Sebuah truk engkel muat pasir bernopol N 9194 UI menabrak truk fuso bermuatan kayu yang sedang parkir di bahu jalan.
Akibat tabrakan itu, seorang harus meregang nyawa. Korban diketahui bernama Wiratsoni, 39 yang seorang kernet truk engkel muat pasir. Ia meregang nyawa saat dalam perjalanan dibawa ke RSUD dr Moh Saleh karena alami luka parah.
Informasi yang dihimpun menyebutkan, kecelakaan maut itu terjadi sekitar pukul 00.30. Truk muat pasir itu dikemudikan Muhammad Mashuri, 25. Saat itu, di lokasi kejadian ada dua truk sedang parkir berjejer di bahu jalan. Tepatnya di utara terminal Bayuangga. Yang pertama, truk fuso bernopol DK 8490 GN yang disopiri I Komang Santika, 50, warga Banjar Candikusuma Kelurahan Candikusuma Kecamatan Melaya, Bali. Di depan truk fuso ini, ada truk lain yang juga parkir.
Komang bercerita, dia bersama rekannya, sama-sama mengendarai truk. Mereka berjalan beriringan. Namun lampu belakang truk rekannya mati. Karena itu, mereka parkir untuk memperbaiki lampu truk yang mati. “Saat itu saya membetulkan lampu truk teman saya. Posisi truknya ada di depan truk saya. Tiba-tiba, dari belakang saya mendengar suara bruakkk. Rupanya, truk engkel itu menabrak truk saya dari belakang,” terang Komang.
Menurut Komang, truk engkel bermuatan pasir itu melaju dari selatan ke utara. Diduga sopirnya mengantuk, truk tersebut oleng. Sopir lantas banting setir ke kiri. Sehingga menyeruduk truk fuso miliknya. Akibatnya, truk engkel ringsek bagian depanya. Terutama sebelah kiri. Tak hanya itu. Wiratsoni, 39, kernet truk engkel yang ringsek, terjepit di ruang kemudi.
Warga sekitar pun langsung berdatangan ke lokasi kejadian. Anggota unit laka Satlantas Polresta Probolinggo dan Polsek kademangan yang tiba di lokasi, langsung mengevakuasi Wiratsoni yang terjepit. Mereka dibantu warga setempat.
Begitu berhasil dikeluarkan, warga Kedung Pakis, Desa Pasirian, Kecamatan Lumajang itu, dilarikan ke IGD RSUD Mohamad Saleh. Sayangnya, saat perjalanan ke rumah sakit, Wiratsoni meninggal.
Sementara sopir truk, Muhammad Mashuri, selamat. Namun, warga Sumberkadi, Desa Kalibendo, Kecamatan pasirian, Kabupaten Lumajang itu masih syok. Sehingga, dia enggan berkomentar.
Usai mengevakuasi korban, petugas Unit Laka Lantas Polresta langsung olah TKP. Agar tak membuat arus lalu lintas macet, kendaraan yang terlibat laka dievakuasi ke kantor Satlantas Polresta.
Kanit Laka Satlantas Polresta Ipda Rizal menjelaskan, kecelakaan terjadi lantaran sopir truk engkel kurang hati-hati. Sehingga, truk oleng ke kiri dan menabrak truk yang sedang parkir di bahu jalan. “Diduga sopir truk engkel itu mengantuk. Sehingga truk oleng ke kiri dan menabrak  truk yang parkir,” terangnya.(rdb/lim) 
 



Loading...

  Follow Us