SMK PGRI 3 Malang, Usung Target Juara Umum LKS Jatim | Malang POST

Senin, 24 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


SMK PGRI 3 Malang, Usung Target Juara Umum LKS Jatim

Senin, 27 Jan 2020,

MALANG - SMK PGRI 3 Malang (Skariga) bertekad kembali mendulang sukses di Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Jawa Timur di Tulungagung. Gelar juara Umum ingin kembali direbut setelah terakhir diperoleh tahun 2014 silam. Berbagai upaya pun dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Mulai persiapan kompetensi atau skill maupun persiapan secara mental peserta didik.
Jumat (24/1) lalu, sebanyak 30 siswa SMK PGRI 3 Malang dilepas oleh Kepala SMK PGRI 3 Malang M. Lukman Hakim, ST.,MM untuk berangkat menuju lomba LKS Jawa Timur. Kepala SMK PGRI 3 Malang  memberikan dukungan dan motivasi kepada anak didiknya untuk mampu memaksimalkan potensi mereka di LKS Jatim.
Kabid Humas Dan Marketing SMK PGRI 3 Malang, Riyandi Agung Saputra, S.Or mengatakan, tahun ini siswa-siswinya punya peluang besar untuk menjadi juara Umum. Pasalnya dari LKS tingkat wilayah kerja 3 yang digelar beberapa waktu lalu, siswa SMK PGRI 3 Malang lolos di 15 bidang lomba untuk ke tingkat provinsi.
"Ini berarti kita punya peluang untuk meraih juara umum. Semoga siswa Skariga bisa menjuarai 15 bidang lomba tersebut karena target kita juara umum," ucap Riyan, sapaannya.
Dijelaskannya, seremonial pelepasan dilaksanakan agar siswa semakin semangat menjalani kompetisi paling bergengsi di rumpun SMK tersebut.
"Ini hanya untuk pemantapan Skariga untuk lebih siap mengikuti LKS yang ke 28," ujarnya.
Sebanyak 15 bidang lomba yang diikuti tidak semuanya bidang akademik, ada lomba eksebisi yang digagas Kabid Pembinaan SMK Dindik Jatim yaitu band dan olahraga. Beberapa juga di bidang lomba baru seperti drone, trouble shooting dan cloud computing.
Skariga telah melakukan persiapan dengan waktu yang lebih lama. Sehingga siswa yang ikut LKS tahun ini benar-benar hasil seleksi yang bagus. Rata-rata siswa kelas XII dan sebagian siswa kelas X.
"Mereka ditreatment dengan latihan yang hampir sama dengan materi yang dilombakan," imbuhnya.
Untuk semakin memperkuat mental siswa, Skariga mendatangkan para alumninya yang mempunyai catatan bagus dalam LKS tahun-tahun sebelumnya. Mereka diminta untuk sharing ilmu dan pengalaman kepada adik-adik kelasnya yang akan berlomba.
"Mereka langsung memberikan materi dan gambaran tentang nuansa lomba LKS untuk persiapan mental para peserta LKS," tambah Riyan.
Untuk mengetahui gambaran persiapan siswa Skariga untuk LKS Jatim tahun ini, Malang Post  bertanya kepada Kepala Bidang Otomotif Skariga, Muhammad Sajidin, S.Pd. Dia mempunyai dua kandidat kuat untuk mengukir prestasi, yakni lomba auto mobile teknologi dari program TKR dan lomba auto body repair program body repair.
“Siswa kami seleksi sejak kelas X untuk mengetahui basic dan keterampilan mereka. Guru juga kita prakerinkan selama setahun di industri yang notabene pekerjaannya mirip dengan yang akan dilombakan di LKS,” terangnya.
Menurutnya, LKS tahun ini lebih menantang. Terutama di bidang  auto mobile. Merk mobil yang dipakai tidak lagi satu seperti tahun sebelumnya, tetapi lebih bervariasi. Sehingga di waktu tertentu siswa yang akan berlomba diajak belajar ke dealer dengan mekanik yang terbiasa ikut kontes. “Tujuannya untuk melatih siswa, dengan harapan ketika lomba nanti benar-benar dikuasai,” terang dia. (imm/adv/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Imam Wahyudi

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...