MalangPost - SMK PGRI 3 Malang, Bagikan Perlengkapan Siswa Baru dengan Sistem Drive Thru

Kamis, 09 Juli 2020

  Mengikuti :

SMK PGRI 3 Malang, Bagikan Perlengkapan Siswa Baru dengan Sistem Drive Thru

Jumat, 05 Jun 2020, Dibaca : 2940 Kali

MALANG - Bukan SMK PGRI 3 Malang namanya kalau tidak kreatif. Di saat Pandemi seperti ini, Skariga demikian nama sekolah ini dikenal, memberikan kesan pertama yang apik kepada siswa barunya. Jumat (5/6) , Skariga memberikan perlengkapan sekolah kepada 624 siswa baru tahun ajaran 2020-2021.  


Caranya tidak biasa. Yaitu seperti sistem Drive Thru. Dengan maksud agar social distancing dan physical distancing tetap terjaga dan para siswa juga tetap aman dari kontak langsung dengan orang lain.
Sistem tersebut mendapat tanggapan yang sangat positif dari siswa baru maupun orang tua. Salah satu dari mereka yang bernama Didik Surya mengatakan, cara Skariga membagikan perlengkapan sekolah sangat unik. Sistem yang diterapkan membuat siswa aman. Dan yang tak kalah penting pelayananya yang cepat karena siswa tidak perlu turun dari kendaraan.
"Bagus, kita tidak perlu menunggu dan berlama-lama," ujar siswa asal Langlang Singosari ini.


Demikian juga pendapat orang tua, sistem Drive Thru yang diterapkan Skariga sangat bagus dan perlu dicontoh sekolah lain. Salah satu orang tua siswa baru Elisabeth mengungkapkan, prosedur dari awal hingga akhir berlangsung lancar dan rapi.
"Sangat nampak sekali sekolah ini benar-benar menunjukkan budaya rapi dan disiplin. Kami orang tua sangat senang, dan sistem pembagian seperti ini membuat kami tenang mengantar anak-anak ke sekolah," ungkapnya kepada Malang Post.


Kabid Humas dan Marketing SMK PGRI 3 Malang, Riyandi Agung Saputra, S.Or mengatakan, pembagian peralatan belajar untuk siswa baru saat ini masih untuk mereka yang mendaftar pada gelombang Dies Natalis dan Penulusuran Potensi Akademik (PPA), yakni 624 siswa.  
Terkait sistem Drive Thru yang diterapkan Skariga, Riyan sapaan akrabnya mengatakan, sistem tersebut sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sebab sampai saat kondisi pandemi masih berlangsung.
"Kami sudah koordinasi juga dengan satgas setempat dan ini demi keamanan dan kenyamanan siswa-siswi kami," katanya.


Pembagian perlengkapan sekolah dibagi menjadi tiga gelombang. Hal itu tidak lain untuk menghindari kerumunan banyak orang. Prosesnya diawali dari penunjukan kwitansi oleh orang tua atau siswa kepada satpam. Selanjutnya oleh tim panitia diarahkan jalan pintu yang sudah ditetapkan.
Panitia menyiapkan tiga meja agar proses berlangsung cepat. Salah satunya meja untuk mereka yang jalan kaki. Sejak masuk gerbang sekolah siswa dan orang tua sudah disambut dengan layanan protokoler kesehatan. Seperti mengukur suhu tubuh dan desinfektan.
Selanjutnya panitia menyerahkan sebuah tas yang berisi seragam sekolah dan sebuah tablet. Di dalam tas juga terdapat informasi terkait pelaksanaan Kegiatan Cinta Sekolah (KCS). “Ini semuanya adalah hak siswa baru, yang seharusnya kami berikan Bulan Mei lalu, berhubung ada kendala maka baru kali ini bisa kami bagikan,” imbuhnya.  


Hingga akhir Bulan Juni ini Skariga masih membuka pendaftaran siswa baru jalur reguler. Hanya tinggal 110 bangku yang tersisa dari 300 bangku untuk siswa baru jalur reguler.
 Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui halaman web http://bit.ly/ssbskariga. Juga melalui jalur E-Commerce, yakni melakukan pemesanan melalui Shopee & Bukalapak dengan kata kuci  SMK PGRI 3 Malang. “Tapi kami juga melayani jalur off line jika masyarakat merasa kesulitan dengan jalur online,” tukas Riyan. (imm/adv/jon)

Editor : Jon Soeparijono
Penulis : Imam Wahyudi