SMK Farmasi Siapkan Bibit Pengusaha - Malang Post

Kamis, 21 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Rabu, 16 Okt 2019, dibaca : 216 , rosida, imam

MALANG - SMK Farmasi Maharani sebagai sekolah kejuruan bidang kesehatan tengah mengambangkan program kewirausahaan. Sadar akan perbedaan potensi dan bakat peserta didiknya, maka sekolah di Jalan Arumba ini mulai serius meningkatkan program Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW).
Kepala SMK Farmasi Maharani, Rahayu Ndaru W, S.Si, S.Pd., mengatakan dikembangkannya program SPW tidak lain sebagai penunjang kreativitas siswa. Meskipun sebagai sekolah farmasi, SMK Maharani perlu memberikan wawasan kepada siswa untuk menjadi pengusaha.
"Karena hasil pengamatan kita, kemampuan anak berbeda. Ada yang unggul di akademisnya tapi juga ada yang suka bidang kewirausahaan. Maka semuanya kita fasilitasi," ungkapnya.
Implementasi program SPW juga karena dukungan pemerintah melalui direktorat PSMK dalam penciptaan produk kreatif. Sesuai dengan tujuan dari yang ditetapkan oleh pemerintah tersebut, maka SPW dilaksanakan untuk memfasilitasi anak yang potensial di bidang entrepreneur.
Di SMK Farmasi Maharani program entrepreneur diaktualisasikan dalam beberapa bentuk kegiatan. Misalnya pameran produk. Termasuk juga aktif berjualan saat ada acara di lingkungan kelurahan.
"Kami aktif di acara Agustusan dan beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat," ujarnya.
Beberapa waktu yang lalu siswa SMK Farmasi Maharani  juga membuka lapak di acara Aksi Kuliner Indonesia. Produk yang dijual berupa makanan dan minuman. Sesuai bidang kefarmasian dan kesehatan, produk yang dijual siswa merupakan produk yang sehat untuk dikonsumsi. Seperti jus buah, olahan kopi, kedelai dan lain sebagainya.
Ndaru menjelaskan sebagai upaya untuk pengembangan kewirausahaan, sekolah menggelar workshop dengan mendatangkan komunitas kewirausahaan. Dengan tujuan melatih dan memotivasi siswa SMK Farmasi Maharani agar semangat berwirausaha.
Berkat upaya itulah, guru menemukan bibit-bibit pengusaha dengan jiwa mereka yang kreatif dan pandai memanfaatkan peluang yang ada.
"Intinya kami juga ingin membina anak-anak di bidang non akademik, selain juga akademiknya terus kita gembleng agar lulusan SMK Farmasi Maharani mempunyai potensi yang seimbang," tuturnya.
Di tengah persaingan global saat ini dan yang akan datang seseorang dituntut tidak hanya bisa di satu bidang. Tetapi juga mampu dan kreatif di bidang lain untuk menunjang kehidupannya. Kewirausahaan menjadi alternatif yang menjanjikan untuk melahirkan pengusaha yang andal. Bagi lulusan SMK Farmasi Maharani, selain unggul di kefarmasian juga kreatif dalam berwirausaha. (imm/oci)



Loading...