SMAK Santa Maria, Juara Berkat Solusi Tangkal Hoax - Malang Post

Kamis, 21 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Rabu, 16 Okt 2019, dibaca : 183 , rosida, imam

MALANG - Tiga siswa SMAK Santa Maria mendapat pengalaman berharga dalam sebuah perlombaan Battle Of Brains yang digelar oleh Universitas Brawijaya beberapa waktu yang lalu. Mereka adalah Ignasius Justin Devrata, Johanes Zerubabel Elsag dan Dorothy Ranteallo. Ketiganya merupakan satu tim yang meraih juara 3 dalam ajang lomba Constitutional Law Festival 2019 tersebut.
Kepada Malang Post, Justin mengatakan lebih dari sekadar mendapat gelar juara, di event tersebut ia bersama dua temannya, mendapat pengalaman baru akan pengetahuan tentang konstitusi.
"Kami menjadi banyak tahu tentang undang-undang, konstitusi itu sendiri hingga sejarah MK," katanya.
Battle Of Brains Constitutional Law Festival 2019 dilaksanakan dengan tiga babak. Pertama penyisihan dengan pengumpulan esai. Dari puluhan esai yang dikumpulkan hanya diambil lima esai untuk masuk ke babak semifinal.
Johanes Zerubabel memaparkan isi esai timnya yang menjelaskan tentang undang-undang ITE serta penanggulangan berita hoax yang kian parah di dunia internet. Di esai tersebut, ia dan kawan kawannya memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada. Pertama solusi sistemik. Dimulai dari penambahan wawasan akan teknologi informasi dalam kurikulum. Kedua melakukan kampanye terhadap bahaya hoax, serta solusi ketiga yaitu adanya aplikasi berupa sistem yang mampu menangkal atau memblok berita hoax. (imm/oci)



Loading...