Siswa SMAN 1 Batu Hasilkan 45 Karya Seni dari Sampah

Selasa, 02 Juni 2020

  Mengikuti :


Siswa SMAN 1 Batu Hasilkan 45 Karya Seni dari Sampah

Selasa, 17 Mar 2020, Dibaca : 1215 Kali

BATU - 45 karya seni dari sampah hasil daur ulang dari siswa-siswi SMAN 1 Kota Batu dipamerkan di ruangan Galeri Raos di Jalan Sudirman mulai dari Senin 16 Maret sampai Minggu 22 Maret mendatang. Siswa berhasil mengubah sampah menjadi karya seni yang bermakna dan bernilai jual.
Pembina Seni Rupa SMA Satu Kota Batu Deddy Iskandar.,SSn kepada Malang Post mengatakan, masalah sampah di Indonesia sudah masuk kategori darurat. Sebab sampah yang tak terhitung jumlahnya per hari selalu mengotori lingkungan. Hal itu menjadi dasar pemikiran anak didiknya untuk mendaur ulang sampah. Menyulapnya menjadi karya yang indah untuk dipajang.
“Karya seni dari sampah plastik, kami dari pihak sekolah juga memilih tema pameran yang menyesuaikan dengan persoalan sampah plastik yang semakin banyak di semua tempat di Indonesia,” ungkapnya pada, Senin, (16/3).


Deddy juga menambahkan, pameran seni rupa tersebut merupakan agenda rutin sekolah setiap tahun. Sehingga peserta didik diharapkan mampu memiliki kompetensi dasar materi pengelolaan pameran seni rupa. Sehingga bisa meningkatkan kreativitas di bidang dunia seni. Juga mampu menambah pengalaman belajar dari luar kelas.
“Semoga masyarakat Kota Batu dan para siswa-siswi terus mampu peduli terhadap kebersihan lingkungan dari sampah. Karena apabila sampah semakin kurang di lingkungan, maka bisa dipastikan tidak ada penyakit yang mendekati pada masyarakat,” tambahnya.


Masih kata Deddy, pameran hasil karya siswa-siswi dari bahan utama sampah ini, juga termasuk sebuah kreasi dari mata pelajaran seni dan budaya yang menjadi acuan pertama. Sebab dalam panduan pembelajaran ada materi terkait pameran karya bagi para siswa-siswi.
“Kami sebagai tenaga pendidik berharap kepada para siswa-siswi dan seluruh masyarakat Kota Batu bisa segera mengambil langkah positif dalam penanganan masalah sampah yang bisa di Daur ulang menjadi sebuah karya seni yang bagus serta bisa memiliki nilai ekonomis yang bagus,” harapnya.


Hal senada juga disampaikan Pengelola Galeri Raos Watoni, keberhasilan para siswa-siswi SMAN 1 Kota Batu dalam membuat karya seni dari sampah menjadi kebanggaan tersendiri.  Juga bisa menjadi langkah pertama bagi sekolah yang lain  yang ada di Kota Batu untuk menjadikan contoh dalam hal mendaur ulang sampah plastik agar bisa bernilai.
“Kami sebagai pengelola ruang seni di Galeri Raos sangat mengapresiasi kepada pihak sekolah serta kepada seluruh siswa-siswi yang sudah menjadikan sampah sebagai bahan seni yang mempunyai harga yang bagus,” pungkasnya.(mg2/ary)

Editor : Bagus Ary Wicaksono
Penulis : Redaksi