Singkirkan Kosmetik Kadaluarsa | Malang Post

Kamis, 12 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Sabtu, 28 Sep 2019, dibaca : 1644 , rosida, amanda

MALANG - Selain teknik untuk menggunakan make up, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak salah pilih makeup. Sehingga, ketika diaplikasikan di kulit, tetap terlihat cantik tanpa cemong.
Dokter Kulit dan Kecantikan, dr. Reisa Broto Asmoro mengungkapkan, selain teknik untuk diaplikasikan di wajah, para perempuan juga harus mengetahui tanggal kadaluarsa make up yang dipakai. Hal tersebut sangat penting agar wajah tidak gampang jerawatan atau rusak.
"Pertama, untuk foundation. Di kemasannya, ada gambar botol terbuka dengan angka yang tertera. Ketika foundation itu dibuka dan digunakan, maka masa berlakunya sesuai dengan angka yang tertera di botol. Misalnya, 12 bulan atau 24 bulan," terang dia.
Kalau lebih dari batas waktu yang ditentukan, sebaiknya foundation tersebut tidak digunakan lagi. "Karena, sudah terkena oksidasi, yang membuat iritasi pada kulit kita atau membuat penyakit kulit," papar dia.
Kemudian, untuk bedak padat, bisa bertahan hingga 16 atau 18 bulan setelah pertama kali dibuka dan digunakan. "Begitu juga bedak tabur, bertahan sekitar delapan bulan. Kalau lebih dari itu, sebaiknya disingkirkan," tegas dia.
Kemudian, untuk eyeshadow, masa kadaluwarsa juga bermacam-macam. Ada yang 12 hingga 24 bulan, tergantung dari komposisi bahan yang ada. "Sementara, untuk lipstik, ada yang bertahan 12 hingga 16 bulan sejak pertama kali pemakaian. Kalau concealer, hanya bertahan enam bulan saja," kata dia.
Reisa menambahkan, untuk eyeliner dan maskara, juga hanya bertahan hingga enam bulan. Namun, bisa diganti setiap tiga atau empat bulan sekali. Untuk kedua produk ini, Reisa menegaskan, bahwa penggunaannya tidak boleh dibagikan dengan teman lainnya.
"Kalau menggunakan kedua benda ini, tidak boleh sharing, bisa menyebabkan penyakit mata. Kalau menggunakan maskara, jangan dipompa, membuat maskara terkontaminasi dengan udara yang ada di luar," tandas dia. (tea/oci)



Minggu, 08 Des 2019

Cara Mudah Atasi Komedo Bandel

Minggu, 01 Des 2019

Cegah Kerutan di Wajah Cantikmu

Sabtu, 23 Nov 2019

Pilih Bedak Sesuai Jenis Kulit

Loading...