MalangPost | Sinergi Forkopimda dan FRWKB Cegah Persebaran Covid-19, Gelar Penyemprotan Serentak di Kota Batu

Sabtu, 06 Juni 2020

  Mengikuti :


Sinergi Forkopimda dan FRWKB Cegah Persebaran Covid-19, Gelar Penyemprotan Serentak di Kota Batu

Selasa, 31 Mar 2020, Dibaca : 1629 Kali

BATU - Aksi gerakan serentak penyemprotan disinfektan digelar oleh Polres, Pemkot, TNI, UMM dan Forum Rembug Warga Kota Batu (FRWKB) dalam rangka penanggulangan penyebaran Covid-19 di Kota Batu Selasa (31/3) . Tak tanggung-tanggung sebanyak 10 ribu liter disinfektan disemprotkan di seluruh Kota Batu.
Dalam pelaksanaanya, penyemprotan dimulai dari Alun-Alun Kota Batu - Jalan Panglima Sudirman - Pasar Besar Batu - Terminal Kota Batu serta di seluruh desa dan kecamatan di Kota Batu. Penyemprotan tersebut menggunakan satu mobil tangki PMK, satu mobil BPBD, satu mobil tagana, dan drone penyemprot disinfektan.


Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama SIK MIK yang memimpin kegiatan tersebut menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemkot, TNI, dan OPD, dan FWRKB yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut. Begitu juga dengan Rektor UMM, Tagana, Banser dan PP turut mendukung kegiatan tersebut.
"Sinergi penyemprotan yang digelar hari iniĀ bertujuan untuk mencegah penyebaran covid-19 di Kota Batu. Penyemprotan tersebut juga digelar di seluruh Indonesia secara serentak," ujar Harvi kepada Malang Post, Selasa (31/3) .


Ia menerangkan, penyemprotan disinfektan dilakukan bukan pertama kalinya digelar. Namun sudah kesekian kalinya dalam mencegah covid-19. Selain itu Polres Batu juga memperluas kawasan physical distancing, penggeledahan dan pengawasan kendaraan mobil dari luar daerah yang masuk ke Kota Batu.
Untuk penambahan kawasan physical distancing meliputi areal Alun-Alun Kota Batu. Dengan sebelumnya meliputi Jalan Sultan Agung dan tiga kawasan perumahan yang ada di Kota Batu.
"Kemudian untuk kendaraan luar daerah yang akan masuk ke Kota Batu akan dilakukan pengecekan dengan thermal gun. Pengecekan dilakukan di jalan-jalan pintu masuk dan keluar Kota Batu," bebernya.


Untuk penecekan, diantaranya Simpang Tiga Pendem, Pos Songgoriti, Klemuk yang diportal dengan penjagaan personel gabungan. Serta di jalur masuk seperti Jalibar dan Cangar yang juga dilakukan pengawasan ketat.
Begitu juga dengan waktu pemberlakuan physical distancing dilakukan selama tiga hari mulai Jumat-Minggu ini. Dengan waktu yang telah ditentukan sejak pukul 09.00-13.00 WIB dan 18.00-22.00 WIb. Sebelumnya hanya berlaku dua hari Sabtu dan Minggu.


Begitu juga dengan Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si ikut hadir dalam kegiatan itu menyampaikan rasa terima kasih kepada semua elemen yang berpartisipasi dalam mencegah persebaran covid-19.
"Kami berterimakasih kepada Forkopimda berpartisipasi dan berikhtiar bersama agar semua, khususnya warga Kota Batu selamat dari covid-19. Selain itu, kami berharap masyarakat juga menjaga kesehatan diri dan keluarga agar mengikuti anjuran pemerintah," beber Dewanti.
Sementara itu, Koordinator Forum Rembug Warga Batu (FRWB), Endro Wahyu menyampaikan bahwa partisipasi FRWB merupakan rasa kesadaran bersama untuk berpartisipasi dengan membuka donasi, penyemprotan, dan juga pembagian empon-empon ke warga dalam pencegahan covid-19.


Untuk donasi yang dibuka sampai saat ini sudah ada sejumlah 90 donatur. Dengan uang yang terkumpul mencapai Rp 50 Juta. Dari total uang tersebut, selain untuk bantuan penyemprotan disinfektan secara serentak, kedepan sisanya akan diberikan ke warga Kota Batu terdampak berupa sembako.
"Berbagai upaya yang dilakukan ini merupakan respons warga Kota Batu dan pihak-pihak yang terkait yang tergabung di FRWB untuk berperan serta dalam mencegah covid-19 dan mendukung semua instruksi Polri, TNI, dan Pemkot. Karena pencegahan pandemi tak bisa dilakukan hanya satu pihak, tapi semua pihak," pungkasnya. (eri/feb)

Editor : Febri Setyawan
Penulis : Kerisdiyanto