Malang Post - SIM PKK Perkuat Sistem Informasi Terintegrasi

Selasa, 07 April 2020

  Mengikuti :


SIM PKK Perkuat Sistem Informasi Terintegrasi

Sabtu, 28 Sep 2019

MALANG - Selain memberikan pelayanan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat, TP PKK Kota Malang juga harus memperkuat koordinasi melalui sistem informasi terintegrasi. Ini dilakukan untuk menyebarluaskan program PKK lebih cepat sampai pada masyarakat.
Salah satunya dengan penguatan pengelolaan Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK, beberapa waktu lalu. Ketua TP PKK Kota Malang Widayati Sutiaji menegaskan, kegiatan ini sama pentingnya dengan program-program lainnya yang langsung berkenaan dengan warga.
“Sebagai institusi yang berhubungan erat dengan sistem pemerintah maupun masyarakat, kami akan terus meningkatkan kemampuan dan pengelolaan program dan kegiatan PKK. Kami juga harus memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tegas Widayati.
Dijelaskannya, seluruh anggota TP PKK Kota Malang dan kader PKK dikenalkan dengan sistem itu. Anggota langsung diberi pengenalan mengenai SIM PKK untuk pengumpulan data secara sistimatis dari hulu sampai hilir.
“Ini penting untuk menghasilkan suatu informasi sebagai dasar dalam proses pengambilan keputusan. Sehingga mampu memberi data dan informasi tentang 10 program pokok PKK secara cepat dan tepat,” tegasnya.
Perempuan yang gemar mengenakan batik ini menerangkan, informasi yang sudah terkumpul secara akurat dan menyeluruh akan mudah disebarkan, mulai ke tingkat dasawisma, kelurahan, kecamatan, hingga tingkat kota.
Nantinya, admin bisa meng-update kegiatan PKK setiap saat untuk memberikan laporan secara berjenjang. Juga sebagai penyedia informasi atau sumber rujukan data dalam menentukan sasaran, indikator, serta evaluasi capaian program di masyarakat untuk mewujudkan keluarga yang harmonis dan sejahtera.
“Data tersebut juga dapat membantu pemerintah dalam pelaksanaan program dan pengambilan kebijakan. Dengan itu keputusan akan semakin tepat sasaran sesuai kebutuhan warga masyarakat,” jelas Widayati.
Karena sudah dilatih, saat ini pengelolaan data PKK mulai berjalan secara berkesinambungan satu sama lain. Kader sudah ada yang ditunjuk sebagai admin di masing-masing kelurahan, kecamatan dan kota sebagai penghimpunan database. (ica/aim)

Editor : aim
Penulis : sisca

  Berita Lainnya





Loading...