Malang Post - Sikat Corona dengan Disinfektan di Lapas Lowokwaru

Jumat, 03 April 2020

  Mengikuti :


Sikat Corona dengan Disinfektan di Lapas Lowokwaru

Kamis, 26 Mar 2020

Ipunk Purwanto/Malang Post
SEMPROT DISINFEKTAN: Petugas PMI Kota Malang melakukan penyemprotan disinfektan di semua blok yang ada di Lapas Klas I Lowokwaru.

MALANG - PMI Kota Malang terus melakukan upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan. Kamis (26/3) kemarin, giliran Lapas Klas I Lowokwaru yang mendapat giliran dilakukan penyemprotan.
Sekitar 10 personel PMI yang didampingi anggota TNI, Polri hingga petugas Lapas langsung bergerak. Mereka masuk ke setiap blok yang ditempati Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk melakukan penyemprotan disinfektan.  Komandan Tim Penyemprotan PMI Kota Malang, Muhammad Rifai mengatakan, setiap personel membawa sekitar 18 liter cairan disinfektan untuk disemprotkan ke setiap sudut.

"Sebelum disemprot, kami meminta pihak lapas untuk mengosongkan area terlebih dahulu," jelas dia. 
Dia menjelaskan, penyemprotan disinfektan tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Sebab, Lapas Klas I Lowokwaru memiliki area yang cukup luas, yakni sekitar 5 hektare. "Mudah-mudahan, penyemprotan ini bisa selesai dalam satu hari saja," lanjut dia. 
Setelah selesai disemprot, ruangan tersebut tidak boleh digunakan selama satu jam. "Tunggu agar cairan desinfektan meresap dan bereaksi membunuh bakteri dan virus yang ada," imbuh dia. 
Sementara itu, Kabid Pembinaan Lapas Kelas I Lowokwaru, Sigit Sudarmono menjelaskan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi pihak Lapas. 
"Kami berterima kasih atas adanya kegiatan yang bermanfaat ini. Apalagi disini terdapat sebanyak 3.137 warga binaan yang menghuni di 22 blok yang ada di lapas ini," kata dia. 
Dia berharap, dengan adanya kegiatan tersebut dapat mencegah penyebaran virus Covid-19 di dalam Lapas. 
"Selain itu, kami juga memantau kesehatan warga binaan secara berkala. Kami sudah memiliki dua dokter umum, satu dokter gigi, dan 6 perawat yang selalu siap siaga," jelasnya. 
Pihaknya akan memasang bilik semprot otomatis bagi para tamu maupun WBP yang akan melakukan kegiatan. "Kami masih menunggu kelengkapan alatnya dulu. Setelah lengkap, langsung kami pasang," pungkas dia.(tea/aim)
 

Editor : muhaimin
Penulis : amanda

  Berita Lainnya





Loading...