MalangPost | Semua Pasien Covid-19 Sehat, Dipulangkan ke Rumah Masing-Masing

Minggu, 07 Juni 2020

  Mengikuti :


Semua Pasien Covid-19 Sehat, Dipulangkan ke Rumah Masing-Masing

Sabtu, 28 Mar 2020, Dibaca : 1887 Kali

MALANG - Kabar gembira di tengah kalut penyebaran virus Corona. Dua pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan di RSSA dan RST Soepraoen. Mereka telah sehat dan dipulangkan ke rumah masing-masing, Sabtu (28/3). Dengan demikian, semua pasien positif Covid-19 di Kota Malang berhasil disembuhkan.

  Baca juga : Warga Pesanggarahan Kota Batu Positif Covid-19

Sebelumnya Sabtu (21/3) pekan lalu, mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) yang diisolasi di RSSA karena terpapar Corona dipulangkan karena dinyatakan sehat.

 

Kabag Humas Pemkot Malang Nur Widianto menjelaskan dua pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh itu sebelumnya menjalani perawatan kurang lebih dua pekan belakangan. Awalnya mereka berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Selama dalam perawatan diketahui positif Covid-19 sesuai hasil uji laboratorium.

“Pasien positif Kota Malang sudah dinyatakan sembuh tetapi masih dalam pemantauan. Tetap diminta untuk isolasi mandiri dulu. Artinya mereka tidak boleh kemana-mana dulu, di rumah saja,” jelas Wiwid, sapaan akrab Nur Widianto.

   Baca juga : ODP dan PDP di Kabupaten Malang Bertambah

 

Sesuai protap penanganan pasien Covid-19, identitas dan asal wilayah termasuk alamat tempat tinggal dua pasien sehat itu tidak diinformasikan. Selain itu pemantauan masih terus dilakukan walaupun dua orang itu sudah dinyatakan sembuh. Alasannya mereka sembuh dengan kondisi daya tahan tubuh atau imunitas tinggi. Namun jika lengah dan imunitas tubuh turun, maka tidak menutup kemungkinan virus dapat lagi mengjangkit.

“Virus Corona bisa disembuhkan, tapi lebih baik dan lebih utama virus Corona tidak hadir kepada kita semua. Ayo, membangun tanggung jawab dan kedisiplinan kita,” imbau Wiwid.

 

Ia menegaskan saat ini pasien PDP Positif Covid -19 Kota Malang nihil. Sedangkan PDP yang masih dirawat intensif berjumlah enam orang. Rinciannya, dua orang dirawat di RS Lavalette, dua orang dirawat di RKZ, dan masing-masing satu pasien dirawat di RSUD Kota Malang dan RS Prima Husada.

“Untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Kota Malang total 156 orang,” ujarnya.

 

Ia menjelaskan jumlah ODP Kota Malang terdiri dari 90 orang warga Kota Malang yang masih dalam masa pemantauan, kemudian 48 orang ODP dari kalangan tenaga kesehatan. Sementara sisanya, yakni 18 orang lainnya dinyatakan sudah bebas dari status ODP karena sudah lewat masa pantaunya dengan keadaan membaik.

Sementara itu dari data terakhir PDP yang meninggal tercatat 2 orang. Dua orang PDP yang meninggal ini satu orang dirawat di RSSA dan satu lagi dirawat di RKZ dalam beberapa pekan lalu.(ica/ira/eri/van)

Editor : Vandri Battu
Penulis : Redaksi