Malang Post - Semua ASN Punya Kesempatan Berkarier Sesuai Kompetensi

Minggu, 05 April 2020

  Mengikuti :


Semua ASN Punya Kesempatan Berkarier Sesuai Kompetensi

Selasa, 05 Nov 2019

MALANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang memiliki cara tersendiri untuk meningkatkan layanan publik. Selain membekali Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan kemampuan dasar,  juga melakukan pembagian tugas sesuai dengan kompetensi masing-masing ASN. Hal tersebut dinilai mampu membuat layanan publik lebih maksimal.
Salah satu strategi kunci proses menempatkan posisi setiap pegawai sesuai dengan kompetensi Nine Grid Matriks. Sembilan boks matriks itu juga disiapkan bagi para ASN untuk menghadapi era digital atau yang disebut Birokrasi 4.0.  Untuk itu, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang menggelar Sosialisasi Manajemen Talenta Dalam Era Industri 4.0 di Hotel Aria Gajayana Malang, Selasa (5/11).
"Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat mewujudkan smart Aparatur Sipil Negara (ASN), guna percepatan dan akurasi pelayanan seiring dengan kemampuan ASN yang mumpuni," kata Kepala BKD Kota Malang, Anita Sukmawati.
Menurutnya, ASN tidak terbatas pada Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) atau Jabatan Administratif (JA) saja, tetapi juga Jabatan Fungsional (JF). "Sehingga, manajemen talenta menjadi sentral mengenai profil ASN, mencakup seluruh jabatan ASN," lanjut dia.
Asisten Deputi Jabatan dan Pengembangan Karier Kemenpan RB, Aba Subagja menambahkan, JF juga memiliki kesempatan yang sama seperti JPT dan JA. Dengan adanya Manajemen Talenta Nasional, maka akan ada kesetaraan karir antara JF dengan JPT dan JA.
“Semuanya setara dan punya kesempatan yang sama, sepanjang memiliki kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang baik serta didukung dengan integritas dan moralitas,” ungkap dia.
Menurutnya, para ASN yang ada memiliki kesempatan yang sama untuk pengembangan karir. "Ada kesempatan untuk pengembangan karir di jabatan lain," papar dia
Sementara itu, Wali Kota Malang, Sutiaji menambahkan, manajemen talenta penting agar program meritisasi yang dilaksanakan oleh Pemkot Malang dapat berjalan dengan baik. "ASN dapat ditempatkan pada posisi yang benar sesuai dengan kemampuan dan kompetensinya masing-masing. Sehingga, optimalisasi kinerjanya dapat kita kuatkan," ujar Sutiaji.(tea/aim)

Editor : aim
Penulis : amanda

  Berita Lainnya





Loading...