Sel Kanker Takut Bawang Putih - Malang Post

Rabu, 20 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Kamis, 17 Okt 2019, dibaca : 2991 , halim, amanda

MALANG - Bulan Oktober 2019 ini, beredar video yang sempat menghebohkan publik di media sosial. Dalam video tersebut, benda yang disebut sebagai sel potongan kanker bergerak di atas piring. Dalam video berdurasi 1 menit 33 detik itu, tampak sebuah benda berwarna hitam itu bergerak menjauh ketika didekati potongan bawang putih.
Benda itu kemudian kembali bergerak mendekat ketika dihadapkan dengan sebuah cicin. Video ini kemudian diunggah oleh akun Facebook Aby Jasmien pada 8 Oktober 2019. Akun ini kemudian menambahkan sebuah narasi dalam konten yang diunggahnya. Berikut narasinya:
"BISMILLAH...sekedar berbagi ilmu, inilah potongan kanker setelah dikeluarkan dari tubuh pasien. ternyata kanker itu makhluk hidup, didekatkan bawang putih dia menjauh, tapi dikasih emas dia malah mendekat. Pantas kalo di dalam tubuh dia beranak dan memakan darah dan daging...mari kita jaga kesehatan, itulah sebabnya mengapa Rosululloh SAW melarang kaum pria memakai emas, karena partikel emas itu akan mengendap dalam darah, sedangkan bagi kaum wanita itu akan keluar bersama darah kotor ketika haid. SUBHANALLOH...,14 abad silam ternyata sudah diajarkan oleh Rosululloh, baru sekarang ter ungkap rahasianya. Semoga bermanfaat"
Konten tersebut sempat menghebohkan masyarakat dan telah dibagikan sebanyak 23 ribu kali oleh warganet. Namun, setelah ditelusuri, hal tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar alias hoax.
Pakar kesehatan, Dr. Sonar Soni Panegoro, SpB (K) Onk mengungkapkan, video potongan sel kanker yang bergerak-gerak ini sebagai hoax. Menurutnya, sel apapun yang keluar dari tubuh manusia seharusnya akan mati. Kecuali memang sengaja dikembang biakkan dalam media tertentu. "Itupun baru terlihat pertumbuhan setelah dua atau tiga hari. Sehingga, pergerakannya juga sangat lambat, bukannya bergerak dengan sangat cepat layaknya mahluk hidup seperti yang ada dalam video tersebut," kata dia.
Menurutnya, sel kanker yang hidup warnanya putih kelabu atau merah. Sementara itu, warna kanker yang kehitaman biasanya adalah kanker kulit melanoma. Itu bukan potongan sel kanker. Jadi jelas bahwa video tersebut hoax," lanjut dia.(tea/lim)



Selasa, 19 Nov 2019

Ahok di Tengah Dua Wanita

Loading...