Seksi IV Tol Mapan Siap Dioperasionalkan, Seksi V Menyusul | Malang Post

Kamis, 12 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Minggu, 06 Okt 2019, dibaca : 900 , udi, ira

MALANG – PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) memastikan tidak lama lagi seksi IV Jalan Tol Malang Pandaan dioperasionalkan. Kepastian itu setelah tim uji laik jalan tidak lagi menemukan kekurangan dalam pada jalan tol yang menghubungkan Kecamatan Singosari dengan Kecamatan Pakis. ”Alhamdulillah, setelah Agustus lalu tim datang untuk melakukan pengecekan, dan sepekan lalu mereka datang lagi, tidak mendapati ada kekurangan. Sehingga harapannya jalan tol seksi IV bisa dioperasionalkan,’’ kata Direktur Teknik PT JPM Siswantono.
Dia mengatakan, jika untuk operasional, pihaknya memang tidak boleh seenaknya. Tapi menunggu keluarnya sertifikat laik jalan. ”Memang begitu aturannya. Setelah pembangunan selesai kami mengusulkan untuk laik jalan. Setelah usulan diterima tim turun, untuk melihat secara langsung. Mereka akan memberikan masukan-masukan jika ada kekurangan di tol. Setelah dilakukan perbaikan atau penyempurnaan, tim kembali datang untuk mengecek,’’ tambahnya.
Sejauh ini, Siswantono mengatakan jika seksi IV tol Pandaan Malang sudah sangat siap. Gerbang tol telah dilengkapi dengan mesin tol. Rambu-rambu tol juga sudah terpasang. Tidak terkecuali dengan lampu penerangan jalan juga sudah terpasang. ”Tinggal menunggu sertifikat laik jalan saja. Begitu sertifikat keluar, langsung operasional,’’ tuturnya.
Soal tarif tol, kata Siswantono, tidak berbeda dengan seksi I, seksi II dan Seksi III yang sudah lebih dulu operasional. Namun, untuk tarif pihaknya menunggu penetapan dari Kementrian PUPR.  ”Biasanya operasional pertama gratis. Berbayar setelah SK penetapan tarif keluar,’’ ujarnya.
Sementara itu untuk pembangunan seksi V tol Pandaan Malang, kata Siswantono sudah mencapai 70 persen. Selain pengerasan jalan, saat ini pengerjaan bagian atas jembatan. ”Girder jembatan sudah terpasang semua. Termasuk girder di jembatan di Sungai Amprong 2, sudah terpasang. Harapannya pembangunan terus berjalan, sehingga dapat selesai sesuai target yaitu Desember mendatang,’’ pungkasnya. (ira/udi)



Loading...