Sekdaprov Minta IKM dan UKM Ikuti Pasar Eropa | Malang Post

Selasa, 12 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Rabu, 09 Okt 2019, dibaca : 771 , halim, HMS

MALANG POST – Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono minta, para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) memahami selera pasar. Utamanya selera pasar internasional agar bisa masuk di pasar ekspor. ‘’Tidak hanya IKM. Pengusaha golongan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) juga sama,’’ tandas Heru membuka Seminar Internasional bertema Merajut Peluang dan Strategi Ekspor Produk Jatim Menembus Pasar Internasional di Grand City Surabaya, Rabu (9/10) pagi.
Disebutkan Heru, pelaku IKM dan UKM harus bisa melihat pasar. Khususnya pasar Eropa dan Asia yang dikenal sangat dinamis. Jika tidak maka sulit bagi pengusaha asal Jatim bisa masuk ke pasaran internasional.
‘’Harus bisa melihat pasar. Karena desain Eropa dan Asia selalu bergerak. Ini pasar, ini yang harus kita manage. Agar apa yang diproduksi IKM dan UKM betul-betul diinginkan pasar,” pinta mantan Kadinas Perikanan dan Kelautan Jatim ini.
Heru Tjahjono meyakini, sebuah kreativitas dan nilai seni tinggi dengan melihat selera pasar, akan mampu mendorong produk-produk lokal karya para IKM dan UKM bersaing di pasar internasional.  Apalagi, sambung dia, pelaku IKM dan UKM adalah juga sebagai pahlawan. Karena produk yang dihasilkan mampu menjadi komoditi dengan kontribusi besar untuk Jatim. Bahkan, sektor IKM dan UKM tidak mudah terpengaruh terhadap inflasi.
‘’Kami yakin, IKM dan UKM memiliki kemampuan besar mendukung pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur,” jelas mantan Bupati Tulungagung periode 2003 – 2008 dan 2008 – 2013 ini.
Ditambahkan dia, diharapkan IKM dan UKM mampu mengaplikasikan apa yang sudah didapatkan setelah mengikuti seminar internasional ini. Sehingga, lewat acara tersebut ada feedback positif yang dihasilkan baik untuk IKM dan UKM.
“Harapan saya manfaatkan betul seminar ini. Karena pasar internasional baik di Asia maupun di Eropa memiliki perbedaan desain. Perbedaan pasar,” pungkas ayah dua orang anak ini. (has/lim)



Loading...