SDK Santo Yusup 3 Rangsang Kreativitas Siswa di Mall | Malang Post

Jumat, 13 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Selasa, 24 Sep 2019, dibaca : 405 , Rosida, imam

MALANG - Sabtu akhir pekan lalu, ada yang menarik dari aktivitas siswa-siswi kelas 1 SDK Santo Yusup 3. Mereka membuat kreasi topping donat di Transmart MX Mall. Ada coklat, banana, kacang, dan lain sebagainya. Semua siswa tampak senang dan begitu antusias membuat topping dengan berbagai kreasi yang mereka suka. Aksi siswa ini merupakan sebuah pembelajaran yang mengajak siswa berkreasi dan bereksplorasi dengan objek pembelajaran.
Masing-masing siswa selanjutnya menyantap dan membawa pulang donat hasil kreasi mereka. Sebagai bentuk apresiasi terhadap usaha dan karya yang telah mereka lakukan. Ada satu hal yang bisa dirasakan oleh siswa dari aktivitas tersebut. Yaitu rasa puas akan kesempatan yang mereka dapatkan dari guru dan orang tua untuk berkreasi. Apalagi setelah itu mereka bisa menikmati hasil dari jerih payahnya.
"Tujuan dari kegiatan ini untuk mengasah kemampuan anak-anak dalam berkreativitas," ujar Ketua Paguyuban Kelas 1, Hengky S. Candranegara.
Ia mengatakan, kegiatan siswa kelas 1 SDK Santo Yusup 3 di Transmart MX Mall, merupakan aktualisasi dari program Fun Edu Trip. Yakni program edukasi hasil kolaborasi antara guru dan orang tua. Menurutnya, Fun Edu Trip sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang mental dan akademik siswa. Selain untuk menambah wawasan Hasanah pengetahuan, siswa juga semakin berani dan percaya diri.
"Mereka diberikan kebebasan berkreasi dan tidak canggung lagi, dan lebih dari itu anak-anak kita harapkan mampu bercerita tentang pengalaman barunya," terang Hengky.
Sebelum berkreasi topping donat, siswa terlebih dahulu dikenalkan dengan berbagai jenis sayuran yang ada di Transmart. Termasuk juga aneka jenis buah dan ikan yang dijual sebagai produk dari UMKM di Mall tersebut.
Pengenalan terhadap sayur dan buah, menjadi tambahan motivasi kepada siswa untuk selalu menjaga kesehatan dengan makanan sehat dan bergizi. Materi ini mendukung program go green yang sejalan dengan misi SDK Santo Yusup 3.
Selanjutnya siswa juga berkunjung ke Trans Studio Mini yang ada di lantai 4 Transmart. Para siswa dikenalkan dengan jenis binatang purba dinosaurus. Seperti tyrex dan teman-temannya.
"Sekalian kami kenalkan menara Eiffel yang miniaturnya juga ada disitu," imbuhnya.
Fun Edu Trip berlangsung menyenangkan. Seragam warna-warni yang dikenakan siswa semakin menambah keceriaan dalam kegiatan tersebut.
Kepala SDK Santo Yusup 3, Yoseph Teguh Suharto, S.Pd mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai bentuk edukasi di luar sekolah.
"Kami apresiasi, kegiatan tersebut sangat bagus bagi anak-anak, harapannya dapat memberikan dampak positif terkait penguatan mata pelajaran di sekolah," katanya. (imm/oci)



Loading...