SD Anak Saleh Gelar Aksi Lingkungan | Malang Post

Senin, 16 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Jumat, 01 Nov 2019, dibaca : 771 , rosida, imam

MALANG - SD Anak saleh memiliki nilai panca karakter yang terimplementasi dalam proses pembelajaran. Salah satunya Kesalehan Kealamiahan. Salah satu cara mengimplementasikan nilai tersebut, Jumat (1/11), siswa-siswi kelas 4 SD Anak Saleh melakukan aksi lingkungan di kawasan Wisata Religi Sumber Nyolo Desa Ngenep Kecamatan Karangploso.
Mereka membersihkan sampah yang terlihat berserakan di berbagai sudut area wisata tersebut. Terutama sampah anorganik seperti plastik, kaleng bekas dan sebagainya. Siswa juga tak ragu untuk berbasah-basahan untuk membersihkan tempat aliran air dari sampah.

   Baca juga : Pelajaran IPA itu Seru dan Menyenangkan


Sebagai bentuk kepedulian akan kebersihan dan kesehatan lingkungan, SD Anak Saleh memberikan sumbangan berupa tempat sampah sebanyak tujuh buah yang diletakkan di area wisata. Tujuannya untuk mempermudah wisatawan membuang sampah pada tempatnya.
Berkat aksi lingkungan siswa SD Anak Saleh, komplek wisata religi sumber Nyolo menjadi bersih dari sampah. Aksi mereka tersebut membuat guru dan siswa SDN 2 Ngenep, yang tak jauh dari lokasi menjadi ikut tergugah. Sehingga mereka ikut membantu membersihkan area wisata.
"Kami mengerahkan siswa kelas 4, 5 dan 6. Kami diberitahu bahwa SD Anak Saleh mau ada kegiatan lingkungan di tempat ini, jadi kami ikut bergabung," ujar Nani Zuhria Failin, S.Pd guru SDN 2 Ngenep.
Wakabid Kelembagaan dan Humas SD Anak Saleh Mochammad Ichsan Wibowo, S.Hum mengatakan, selain aksi lingkungan siswa juga menempel beberapa stiker di beberapa titik lokasi wisata religi sumber Nyolo. Stiker tersebut berisikan anjuran sekaligus mengingatkan agar wisatawan ikut menjaga kebersihan serta tidak melakukan maksiat dan perbuatan yang menyimpang dari akidah.
“Karena disini wisata religi jadi harus bersih dari perbuatan yang menyimpang dari ajaran agama,” katanya.
Ia menerangkan, kunjungan siswa ke lokasi Wisata Sumber Nyolo merupakan bagian dari agenda Fun Home Stay, di Desa Ngenep. Selama dua hari sejak Kamis (31/10), siswa tinggal di rumah-rumah warga untuk mengimplementasikan program tarbiyah wad dakwah.
“Penyebaran stiker dengan isi syiar Islam merupakan bagian dari poin dakwahnya. Sambil bersih lingkungan sekalian kita ajak anak-anak untuk bersyiar," kata dia.
Guru kelas 4 SD Anak Saleh yang juga penanggungjawab dari kegiatan tersebut, Sri Subakti, S.Pd, mengatakan, unsur tarbiyah dalam kegiatan Fun Home Stay didapat oleh anak didiknya dengan belajar hidup sederhana dari penduduk desa. Dengan tinggal bersama warga, siswa ikut merasakan suasana hidup di desa yang tidak mereka temukan di perkotaan.
"Anak belajar mandiri, hidup sederhana dan pada akhirnya mereka dapat bersyukur kepada Allah atas karunia yang mereka dapat selama ini," terangnya.
Selama Fun Home Stay, siswa SD Anak Saleh ikut memakmurkan masjid setempat dengan kegiatan ibadah. Kondisi masjid yang biasanya lengang di setiap waktu salat, menjadi ramai dengan keberadaan mereka. Siswa juga aktif di TPQ, bahkan juga berbaur dan bermain bersama dengan siswa SDN 2 Ngenep.
Dalam kesempatan tersebut SD Anak Saleh juga berbagi bingkisan kepada puluhan siswa SDN 2 Ngenep berupa alat tulis dan buku-buku bacaan.
"Semoga itu semua menjadi ajang dakwah kami. Kami berharap anak-anak disana yang belum menutup aurat bisa terketuk hatinya untuk juga berhijab," tukasnya. (imm/sir/oci)



Loading...