Satukan Persepsi, KPU Sosialisasikan Aturan Pilkada | Malang POST

Minggu, 23 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Satukan Persepsi, KPU Sosialisasikan Aturan Pilkada

Kamis, 26 Des 2019,

MALANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang, akan mengumpulkan seluruh partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2019, untuk sosialisasi tahapan Pilkada 2020. Rencananya, akan dilakukan selama dua hari, yakni Kamis (26/12) dan Jumat (27/12) di salah satu hotel di Kota Malang.
"Sebelumnya sosialisasi tahapan Pilkada hanya kami sampaikan lewat media. Sosialisasi selanjutnya melalui tatap muka langsung," ujar Marhaendra Pramudya Mahardika, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat & SDM KPU Kabupaten Malang.
Menurutnya, peserta sosialisasi, selain partai politik, KPU juga akan mengundang LO dari calon perseorangan. Termasuk dinas terkait, Bawaslu Kabupaten Malang serta Forkopimda.
Selain mensosialisasikan tahapan Pilkada 2020, KPU juga akan menyampaikan soal produk hukum pencalonan.
Harapannya, dengan sosialisasi tersebut peserta pemilu, khususnya Parpol yang mengusung calon paham tentang aturan. Termasuk syarat-syarat pencalonan saat Pilkada 2020.
Sementara untuk pembentukan petugas PPK, baru dilakukan pada pertengahan bulan Januari 2020 nanti. Diawali dengan pengumuman pendaftaran anggota PPK pada tanggal 15 Januari. Selanjutnya, KPU akan membuka pendaftaran.
"Minimal setiap kecamatan nantinya, ada 10 orang yang mendaftar sebagai calon anggota PPK. Sehingga bisa kami lakukan seleksi dan penilaian," terangnya.
Nantinya, setiap kecamatan akan dipilih lima orang anggota. Selain itu, juga ada tambahan tiga orang staf kecamatan yang masuk dalam sekretariat PPK.
"Sehingga setiap kecamatan total ada delapan orang. Lima orang adalah anggota PPK yang dipilih, sedangkan tiga orang dari staf kecamatan untuk ditempatkan di sekretariat," jelasnya.
Sementara itu, dari 15 Parpol peserta Pemilu 2019, untuk menghadapi Pilkada 2020, baru tiga Parpol yang membuka pendaftaran calon bupati (Cabup). Yakni PDI Perjuangan, Nasdem serta Parti Persatuan Pembangunan (PPP).
Sedangkan untuk Parpol lainnya, tidak ada yang membuka pendaftaran. Namun Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) serta Golongan Karya (Golkar), sudah memastikan untuk maju dengan mengusung calon sendiri. Sementara, Parpol lainnya belum diketahui arah tujuan pada Pilkada nanti. Apakah berkoalisi dengan Parpol lainnya.(agp/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Agung

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...