MalangPost - RITUAL UANG GHAIB MASIH DIYAKINI

Rabu, 05 Agustus 2020

  Mengikuti :

RITUAL UANG GHAIB MASIH DIYAKINI

Kamis, 30 Jul 2020, Dibaca : 1227 Kali

Masih saja ada warga Kabupaten Malang yang meyakini ritual uang gaib triliunan rupiah. Sebelum korban bertambah, Polsek Gondanglegi meringkus dukun palsu. Bukan uang tunai, pelaku memintai korban berupa sepeda motor sebagai mahar bahan ritual dengan "Mbah Demit". 

Tersangka bernama Mustain warga Dusun Wonorejo RT 30/RW 13, Desa  Argotirto, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Namun aksi penipuan lelaki usia 30 tahun ini dilakoni di rumah kontrakan Desa Putatlor, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.  "Pelaku menjanjikan uang triliunan kepada korban. Ia mengaku bisa mengambil uang gaib Rp 7 triliun lewat ritual tertentu dengan mahar sepeda motor. Kami masih lakukan penyelidikan dan mencari keterlibatan pelaku lain, yang membawa sepeda motor," ungkap Kapolsek Gondanglegi, Kompol Agus Siswo Hariyadi SH, Senin (27/7/2020) siang. 

Ada 4 korban penipuan tersangka Mustain. Salahsatunya yang melapor resmi yakni Harwadi (40) warga Desa Putat Lor Gondanglegi, Kabupaten Malang. Dimintai 4 sepeda motor untuk mahar ritual, korban rugi puluhan juta. Janji hasil penarikan uang gaib triliunan tersangka hanya omong kosong. "Saya sampaikan agar jangan tertipu lagi dengan rayuan atau imingan triliunan. Kalau mari kaya mari kita bekerja, lebih barokah daripada nafsu kita dikuasai setan dan terjadi hal yang tidak diinginkan," imbau Agus. 

Mustain baru 3 bulanan kontrak di Putat Lor. Tapi sudah kenal para korban yang juga warga dekat tempat tinggalnya. Kepada para korban, dia meyakinkan memiliki ritual khusus menarik uang gaib. Berbagai cara dilakoni, untuk meyakinkan korban. Dalam rumah dipasangi lukisan Nyi Roro Kidul. Dipajang pula sejumlah keris dan tombak. Bau dupa menyengat di rumahnya. Ia juga memakai blangkon. Kadang hijau, kadang hitam dan kostum hitam.  Setiap bertemu korban, dia memperlihatkan tumpukan kotak kardus besar. Dia menunjukkan lembaran uang penuh di atas dus. Katanya, tumpukan kardus itu akan berisi triliunan rupiah di waktu tertentu. Syaratnya mahar atau modal untuk narik uang. 

Korban pun terperdaya. Tersangka minta mahar sepeda motor dan kebutuhan lain. Sesuai permintaan "Mbah", yang berkaitan dengan Nyi Roro Kidul dan mengetahui harta "Bung Karno".  Sepeda motor pun dibelikan korban. Ada 7 unit sepeda motor. Dua dari seorang warga dan 4 dari korban lainnya. Jika pesanan sepeda motor "Mbah" datang, sepeda motor hasil penipuan itu dijual kembali ke seseorang. 

"Kami sita sepeda motor ini di rumah tersangka. Saat penangkapan, ada kiriman sepeda motor baru yang dipesan korban untuk mahar ritual," ujar Ipda Sigit H SH, Kanitreskrim Polsek Gondanglegi sembari menunjuk Honda CBR merah hitam.  Barang bukti dari penangkapan melimpah. Dari alat ritual, senjata berupa keris, tanah kuburan, dupa, kotak kardus, Honda Vario dan Honda CBR. Ada 4 motor hasil kejahatan lainnya yang masih dicari keberadaannya.

Editor : yan
Penulis : oio