Relax and Calm, Its Jazzy Time | Malang Post

Senin, 18 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Senin, 23 Sep 2019, dibaca : 486 , rosida, Gevzi

LAGI banyak tugas, doi ngambek, or lagi gak punya duit? Ups...tenang gaes. Mungkin saatnya kamu harus nyetel musik jazz. Sebab, musik ini menenangkan banget. Kalian bisa manfaatin musiknya yang kalem dan tenang sebagai sebuah terapi... berani coba?

Yups, genre musik jazz ini berawal dari Amerika di awal abad 20 ini mulai masuk di Indonesia dan mulai booming di era 1930 loh guys. Nah seiring perkembangan zaman, musik jazz juga mulai dinikmati oleh kaum remaja, bahkan ada yang sangat antusias dengan aliran musik ini sampai menjadi salah satu anggota band musik jazz.
Basis salah satu band yang juga mahasiswa UB Dwi Putra Aldino adalah seorang bassis di band bergenre Jazz. Ia sudah menghasikan cukup banyak lagu jazz yang enak didengar.
“Pengalaman menarik yang buat aku ingin berkarir di dunia jazz yaitu pada saat nonton Glen fredly di JazzTrafic, serta Barry Likumahuwa Project yang tampil dengan penuh kesan hingga membuat saya sangat semangat dalam berkarir di dunia permusikan,” ujarnya.
Ngomongin soal Jazz, pasti dipikiran kalian akan terbayang dengan Saxophone dan piano. Sebenarnya, jazz tidak harus melulu dengan kedua alat musik itu.
“Jazz itu bukan soal saxophone. Intinya Jazz itu gimana para pemainnya bisa mengharmoniskan semua lagu menjadi satu yang jadi indah banget dan asik buat didenger,” sambungnya.
Bagi seorang bassis yang sering tampil di acara festival Jazz di Malang, ia menggangap musik jazz adalah suatu genre musik yang membuatnya belajar chord-chord yang sulit.
“Buat aku, musik jazz itu harmoni dan keindahan instrument. Lalu yang paling menangkap mata itu gimana cara pemain band dalam membawakan lagu itu, skill pemain masing-masing juga mempengaruhi band,” ungkapnya panjang lebar.
Tidak jauh beda, mantan penyanyi band Flakustix Tarishah Firdianti Genzier dari SMAN 8 Malang menuturkan, lagu yang ia buat memang lebih condong ke genre pop. Namun, Tarish juga doyan banget sama musik Jazz loh. Menurutnya lagu jazz itu sangat relaxing dan bisa membantu menghilangkan rasa penat dalalm kesehariannya.
“Karena perpaduan musiknya itu yang bisa nenangin hati, dan musik jazz juga kaya banget nada nada sama chord-chordnya. Jadi, bisa dibuat referensi sama nambah ilmu tentang musik tanpa ngebosenin,”  ujarnya.
Jadi, kamu yang lagi pingin rileks puternya jazz aja gaes. Come on swing! (*/oci)



Loading...