Malang Post - Redaksi Malang Post, Beri Fasilitas Guru Menulis di Media

Rabu, 01 April 2020

  Mengikuti :


Redaksi Malang Post, Beri Fasilitas Guru Menulis di Media

Minggu, 16 Feb 2020

MALANG - Pemimpin Redaksi Malang Post, Abdul Halim memotivasi para peserta Workshop Guru Menulis yang digelar di Hall Minahasa, Jambuluwuk Resort And Convention, Kota Batu, Sabtu (15/2). Tujuannya agar para peserta dapat tergerak untuk menuangkan idenya dalam bentuk tulisan atau artikel populer.


Saat banyak orang yang pesimis atau enggan menulis artikel, Halim meyakinkan para peserta bahwa menulis itu mudah.  Ia yakin para peserta yang mayoritas merupakan tenaga pendidik, sudah punya skill atau kompetensi menulis. Hanya saja kata dia, masih banyak yang belum tau untuk menentukan ide tulisan dan kemana karya tersebut akan disalurkan.
"Maka kami mencoba menyediakan fasilitas berupa 'jalan tol' agar tulisan para peserta ini, bisa kami muat di halaman opini Malang Post," katanya.


Akses cepat yang disediakan Malang post tersebut, tidak serta merta memuat karya peserta. Akan tetapi ada pendampingan lebih dulu untuk para peserta dalam membuat karya tulisnya. Dalam pendampingan tersebut Malang Post menerjunkan redaktur-redaktur handalnya untuk mendampingi peserta sehingga artikel populer yang dibuat benar-benar sudah bagus.
"Para redaktur kami siap memberikan pendampingan sampai karya semua peserta workshop ini layak terbit," ungkapnya.


Halim mengungkapkan, di era digital kemampuan setiap orang akan dipertaruhkan. Mereka yang bertahan dan mampu bersaing adalah yang kreatif. Dan sebuah karya literasi menjadi salah satu produk kreativitas seseorang.
"Karena melalui tulisan bisa ditemukan inspirasi-inspirasi baru. Bahkan memberikan solusi terhadap suatu permasalahan," ujarnya.


Dalam materinya, alumni Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini memberikan beberapa gambaran pada para peserta dalam menentukan ide tulisan opini. Diantaranya ide tulisan berbasis aktualisasi.
"Berbasis aktualisasi artinya tulisan yang berbasis peristiwa atau informasi yang paling baru, sedang terjadi dan menjadi trending topik," terangnya.


Suksesnya acara workshop Guru Menulis mendapat komentar positif dari Kepala SMKN 1 Kota Batu Joko Santoso yang mengantar 21 guru. “Kami sangat senang dengan agenda ini, pada kesempatan yang lain kami sangat berharap Malang Post juga memberikan ilmu jurnalistik pada anak didik kami di sekolah,” ucapnya.


Kabid TPK Dinas Pendidikan Kota Batu, Hariadi memberikan apresiasinya kepada para guru yang hadir mengikuti workshop guru menulis.
"Terima kasih bapak ibu karena sudah bisa mengetahui potensi dirinya, biasanya kalau tidak diperintah kepala sekolah tidak berangkat, kegiatan ini untuk meningkatkan dan mengikut potensi dirinya," ujar Hariadi.


Ditambahkan, workshop Guru Menulis Malang Post nantinya diadakan secara berkelanjutan, untuk itu diharapkan ke depan tidak putus agar kemampuan menulis artikel semakin terasah dan terbiasa.
"Karena guru setiap harinya berkomunikasi dengan siswanya jangan sampai ketinggalan update, dunia sudah diujung jari karena informasi bisa dengan mudah diakses melalui gadget," terangnya.(imm/lin)

Editor : Abdul Halim
Penulis : Imam Wahyudi

  Berita Lainnya





Loading...