Ratusan Siswa SMP Ikuti Seleksi SMK Telkom | Malang POST

Jumat, 28 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Ratusan Siswa SMP Ikuti Seleksi SMK Telkom

Minggu, 08 Des 2019,

MALANG - SMK Telkom Malang melaksanakan seleksi gelombang 1 penerimaan siswa baru tahun ajaran 2020-2021, pada Sabtu akhir pekan lalu. Sebanyak 651 siswa SMP sederajat, mengikuti tahap seleksi yang digelar hingga Minggu (8/12) kemarin.
Banyaknya calon siswa baru yang mendaftar di gelombang 1 tersebut menyebabkan agenda seleksi harus dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama sebanyak 450 peserta, sedangkan sisanya di hari kedua.
Riya Dwi Puspa,S.Pd, Penanggungjawab Seleksi Siswa Baru mengatakan, seleksi dilaksanakan dengan tiga tahap. Yaitu tes akademik, tes wawancara dan tes kesamaptaan. Seluruh tahapan tersebut dilaksanakan satu hari, sehingga calon siswa tidak perlu kembali ke sekolah tinggal menunggu pengumuman saja.
Pada tes akademik, calon para peserta mengerjakan 40 soal selama 90 menit dengan sistem Computer Base Test (CBT). Terdiri dari soal Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris.
Selanjutnya siswa mengikuti tes wawancara untuk mengetahui minat dan bakat mereka. Termasuk motivasi peserta untuk masuk SMK Telkom. Pada tahap terakhir, ada tes kesamaptaan atau fisik. Calon siswa juga harus menyertakan surat keterangan dokter yang menerangkan siswa bersangkutan berbadan sehat dan tidak buta warna. "Orang tua juga kita wawancarai untuk mengetahui peran serta mereka dalam mendukung secara moril maupun pembiayaan di sekolah," kata dia.
Tanggal pengumuman hasil seleksi belum ditentukan. Hasil tersebut akan diberitahukan ke orang tua melalui grup Whatsapp dan website SMK Telkom. Riya menuturkan, hasil penetapan siswa baru semuanya merupakan hak management. Pihak sekolah juga tidak bisa menyampaikan passing grade atau standar kriteria kelulusan. "Ini merupakan kebijakan yang tidak bisa kita publish, karena bisa saja terjadi perubahan" terangnya.
Penerimaan Siswa Baru di SMK Telkom tahun ini terdapat tiga gelombang. Pendaftaran gelombang kedua akan digelar Desember 2019 dan gelombang ketiga pada Februari 2020 mendatang. "Kami tidak ada jalur lain-lain, semuanya melalui tes dengan tiga gelombang," ungkapnya.
Kuota siswa baru SMK Telkom tahun ini sementara masih ditetapkan sekitar 520 siswa, dengan 13 rombel. Bagi peserta yang tidak diterima di gelombang pertama bisa mencoba kembali di gelombang kedua dan ketiga. "Asalkan tidak buta warna masih bisa mencoba kembali," tandasnya. (imm/udi)

Editor : Mahmudi
Penulis : Imam

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet

Loading...