Ratusan Siswa Paskibra Beraksi Di SMA Taman Madya

Senin, 21 Oktober 2019

Minggu, 06 Okt 2019, dibaca : 390 , udi, imam

MALANG - Ratusan siswa-siswi dari berbagai SMP di Malang Raya unjuk kebolehan dalam keterampilan baris berbaris di SMA Taman Madya Malang. Selain peraturan baris berbaris yang telah mereka pelajari selama ini, para siswa juga sukses menampilkan yel-yel yang memukau pada penonton.
Para siswa yang tergabung dalam Pasukan Baris Berbaris di sekolahnya masing-masing tersebut, adu tangkas dan terampil dalam Lomba Baris Berbaris (LBB) yang digelar SMA Taman Madya, Minggu (6/10). LBB digelar dalam rangka Hari Kesaktian Pancasila berlangsung meriah. Dua belas regu Paskibra dari SMP/MTs di Malang Raya.
Para pemenang mendapatkan tropi, piagam dan uang pembinaan oleh panitia penyelenggara. Untuk penentuan juara diambil empat kategori. Juara baris berbaris, Danton terbaik, yel yel terbaik, dan regu favorit.
Ketua Panitia Tofan Setie Aji, S.Pd., MM., mengatakan, LBB yang digelar SMA Taman Madya berbeda dari LBB pada umumnya. Di lomba ini menggunakan sesi gerak jalan dengan sistem PBB versi TNI.
Ia menilai secara umum kemampuan peserta dalam PBB sudah bagus. Hanya saja dari segi fisik beberapa peserta belum bisa tampil optimal. "Mungkin ini pengalaman pertama mereka mengikuti PBB dengan gerak jalan, karena pada umumnya PBB hanya di tempat," ujarnya.
Para peserta menempuh jarak sejauh 2,6 kilometer. Melewati beberapa pos juri. Di setiap pos ada instruksi yang harus dilakukan berkaitan dengan gerakan baris berbaris. "Pos pertama peserta mempraktekkan PBB jalan, pos kedua PBB di tempat dan pos ketiga menampilkan yel-yel," terangnya.
Dalam kegiatan LBB ini, SMA Taman Madya bekerjasama dengan pihak Koramil yang bertindak sebagai juri. Sehingga penilaian terhadap peserta menjadi objektif. "Penilaian juri dititik beratkan pada kebenaran gerakan dan kekompakan peserta," tambahnya.
LBB SMA Taman Madya direncanakan menjadi program tahunan. Sebagai persiapan untuk menuju ke kompetisi yang digelar oleh Pemerintah Kota Malang. "Kami berharap untuk tahun depan peserta lebih mempersiapkan diri terutama mental, fisik dan  strateginya," ucap Tofan.
Kepala SMA Taman Madya, Drs. Purnomo Adji, M.Pd,. menjelaskan, melalui lomba baris berbaris pihaknya ingin semakin memperkuat sikap kedisiplinan pada siswa. Karakter yang terdapat dalam pendidikan PBB sangat tepat untuk menjadikan siswa lebih disiplin, mandiri dan tegas. "Disitu juga bisa didapat nilai kekompakan dalam regu dan menjunjung tinggi nilai persatuan," terangnya.
LBB yang digelar SMA Taman Madya, bukan tanpa alasan. Sekolah yang berada di Jalan Serayu ini ingin mengajak siswa-siswi SMP/MTs, untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila.
Menurut Ipung, sapaan akrab Purnomo, sebagai pedoman bangsa Pancasila telah berhasil mempersatukan bangsa yang tinggi akan kebhinekaan. Keberagaman suku, ras dan agama, mampu diikat menjadi satu kesatuan yang kuat dalam bingkai Pancasila. "Sudah sering Pancasila kita ini dibenturkan oleh kelompok perusak tatanan negara, tetapi hingga saat ini Pancasila masih berdiri sebagai ideologi bangsa, untuk itu kita sebut Kesaktian Pancasila," ungkapnya.
Ia menambahkan, LBB diharapkan menjadi ajang untuk saling belajar satu sama lain. Sehingga setiap peserta mampu bersikap sportif dengan bisa menerima kemenangan maupun kekalahan. (imm/sir/udi)



Jumat, 18 Okt 2019

Sebanyak 23 PT di Jatim Merger

Loading...