Punya Potensi Budaya Setara Yogyakarta dan Bali | Malang POST

Senin, 17 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Rabu, 27 Nov 2019,

MALANG – Gaguk Priyono penuh optimisme mengembangkan Pasar Kawulo Singhasari sebagai destinasi wisata seni budaya di Kecamatan Singosari. Semangat Gaguk, tak lepas dari keyakinannya terhadap potensi seni budaya Malang Raya, yang berakar kuat pada sejarah kerajaan penakluk nusantara, Singhasari.
“Dua pusat wisata seni budaya di Indonesia, yaitu Yogyakarta dan Bali, sama-sama memiliki keraton. Malang Raya, walaupun hanya tinggal candi dan fragmen-fragmen sejarah, sebenarnya mempunyai kekuatan seni budaya yang besar, sebesar kerajaan Singhasari era dahulu,” terang Gaguk kepada Malang Post.
Dalam momentum ulang tahun ke-1259 Kabupaten Malang, Gaguk menegaskan bahwa Kabupaten Malang, sangat berpotensi menyamai Yogyakarta dan Bali. Hanya saja, seni budaya di Malang ini masih seperti singa tidur. Seni budaya Malang belum terusik dan belum bangun dari tidur lamanya untuk bangkit dan mendominasi seni budaya nusantara.
“Kabupaten Malang berpotensi sangat besar kalau digerakkan. Cukup dipantik saja akan muncul semua power yang tertidur di Kabupaten Malang. Begitu terpantik, seni budaya Kabupaten Malang ini, bisa menyaingi Bali dan Yogyakarta. Potensi seni budaya Malang sangat masif,” jelas Gaguk.
Menurut Gaguk, dalam momentum ulang tahun ke-1259, seni budaya Kabupaten Malang harus bangkit dan mulai menghidupkan semangat optimisme. Terutama, bangkit sebagai pusat pariwisata berbasis seni budaya seperti Yogyakarta dan Bali. Gaguk mengatakan, Pasar Kawulo Singhasari, turun ambil bagian di dalamnya.
“Kami hanya secuil dari besarnya seni dan kebudayaan Kabupaten Malang. Kami dengan segala yang kami lakukan, ingin turut ambil bagian dalam membangun Malang Raya lewat dimensi seni budaya. Saya melakukan ini, juga sebagai bagian dari pengabdian spiritual dan jiwa saya,” tutur Gaguk.
Ke depan, ada banyak ide dan gagasan yang bakal diterapkan oleh Gaguk di Pasar Kawulo Singhasari. Yang baru saja terealisasi adalah mendirikan sanggar seni budaya di dalam Pasar Kawulo Singhasari.(fin/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Fino



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...