Puluhan Lukisan Ramaikan HUT Kota Batu | Malang Post

Sabtu, 14 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Kamis, 10 Okt 2019, dibaca : 603 , suparijono, kerisdianto

TOKOH : Lukisan dengan bahan dasar kresek bekas menggambarkan Presiden RI Joko Widodo di Balai Kota Among Tani, Batu.

BATU - Puluhan lukisan terpampang di lobi pintu masuk Balai Kota Among Tani, Batu. Lukisan dari seniman yang tegabung di Komunitas Aksara itu dipamerkan dalam rangka menyambut HUT ke 18 Kota Batu.
Wakil Wali Kota Batu, Ir. Punjul Santoso M.M mengatakan puluhan karya seni lukis tersebut merupakan partisipasi seniman mengangkat potensi yang ada di Kota Batu. Tujuannya ikut membangun Kota Wisata Batu melalui kanvas.
"Melalui seni lukis Kota Batu bisa terangkat sekaligus promosi. Bahkan seni menjadi edukasi bagi masyarakat tentang Kota Batu," ujar Punjul kepada Malang Post, Kamis (10/10) kemarin. 
Lebih lanjut, ia mengungkapkan jika seni bisa mempersatukan bangsa dan memberikan pendidikan bagi generasi penerus. Misalnya seperti yang dilakukan oleh Komunitas Akarasa dalam pameran peringatan HUT ke 18 Kota Batu.
"Selain edukasi dan promosi, kami juga berharap pameran ini menjaring generasi muda agar mencintai seni dan budaya yang memiliki kekhasan bangsa. Apalagi ada banyak seniman yang sudah memiliki nama di tingkat nasional seperti Koeboe Sarawan dan Slamet Henkus serta pelukis-pelukis handal Batu lainnya," bebernya.
Selain itu, Ketua DPC PDIP Kota Batu ini menambahkan, dengan mempelajari seni akan mengenalkan seorang kepada dunia bagaimana bangsa Indonesia memiliki karakter. Karena itu berpesan sebagai orang tua harus pandai mendidik mereka sejak dini.
"Dengan dididik sejak dini anak akan mempu menyalurkan bakat. Bisa melalui seni misalnya. Sehingga terbentuk karakter anak dalam mencetak para seniman handal,” paparnya.
Meski demikian, para seniman yang ada di Kota Batu diharapnya tidak hanya sebatas mengekspresikan kreasinya lewat kanvas dan di media yang lain.
Namun para seniman diharap untuk berpartisipasi demi perkembangan dan keindahan Kota Wisata Batu. Tentunya melalui ide dan kreatifitas mereka dengan mendesain penataan Kota Batu agar lebih indah. (eri/jon)



Loading...