PSI Siap Galang Dukungan untuk Gibran | Malang Post

Sabtu, 07 Desember 2019 Malang Post

  Follow Us


Minggu, 29 Sep 2019, dibaca : 1788 , aim, dtk

SOLO - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memastikan mendukung Gibran Rakabuming Raka menjadi calon Wali Kota Solo, baik melalui jalur partai ataupun independen. PSI siap menggalang 40 ribu KTP jika Gibran harus maju lewat jalur independen.
Untuk maju sebagai calon independen, Gibran membutuhkan sekitar 35.870 dukungan. Jumlah tersebut merupakan syarat 8,5 persen jika dihitung dari daftar pemilih tetap (DPT) Kota Solo pada Pemilu 2019, yaitu 421.999 orang.
"Kami PSI siap menggalang dukungan. Kami targetkan 40 ribu KTP, jumlah aman kalau nanti saat verifikasi ada yang tidak sesuai," kata satu-satunya legislator DPRD Kota Solo dari PSI, Antonius Yogo Prabowo, di kawasan Ngarsopuro, Solo, Minggu (29/9).
Gibran yang sudah menjadi kader PDIP belum mendapat kejelasan akan diusung oleh partai berlambang banteng itu. PSI kini masih berkomunikasi dengan partai lain untuk sama-sama mendukung Gibran. Setidaknya butuh 9 kursi DPRD untuk mengusung Gibran. PSI yang memiliki 1 kursi harus mencari 8 kursi lagi agar bisa mengusung putra Presiden Joko Widodo itu.
"Kami terus berkomunikasi dengan partai lain. Kemarin petinggi Golkar sudah menyatakan kemungkinan mendukung Mas Gibran. Golkar ada 3 kursi, mungkin nanti Gerindra dan PAN yang masing-masing punya 3 kursi," ujarnya.
Apabila Gibran diusung PDIP, Yogo juga mengaku siap bergabung. Namun PDIP yang memiliki 30 dari 45 kursi di DPRD Surakarta kini telah memiliki calon tunggal Achmad Purnomo-Teguh Prakosa. "Kalau memang diusung, kami prediksi nanti akan berduet dengan Pak Teguh. Dan kami siap mendukung. Karena kami bukan terpaku masalah partainya, tapi sosoknya," kata Yogo.
Pada bulan Oktober 2019, PSI akan menggelar konvensi untuk menjaring kandidat wali kota dan wali kota untuk Pilkada 2020. "Jadi jika nanti Mas Gibran maju lewat independen, kami sudah siap-siap. Nama-nama peserta konvensi ini bisa kami tawarkan sebagai wakilnya Mas Gibran," tutupnya.(dtc/lim)



Loading...