Prodi Informatika UMM Gelar Young Tech Expo 2019, Women and Technology | Malang POST

Jumat, 21 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Kamis, 26 Des 2019,

MALANG - Hari Ibu yang diperingati 22 Desember 2019 menjadi momentum Program Studi (Prodi) Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar Young Tech Expo 2019. Kegiatan ini bertajuk Women and Technology.
Event yang terdiri atas seminar dan pameran produk teknologi ini diselenggarakan di Hall Kantin Teknik UMM. Wakil Dekan 2 Dr. Lailis Syafa’ah, M.T yang membuka kegiatan tersebut, Sabtu (21/12) lalu.  
Hadir sebagai pembicara,  Arini Rahmawati R M.Kom, perwakilan industri  sekaligus alumni. Arini yang sehari-hari berprofesi sebagai backend developer pada Wallex Technologies, menyajikan materi “How do people work remotely”.
Arini membagi pengalaman tentang bagaimana perempuan di era industri 4.0 bisa tetap berkarir sekaligus menjadi ibu. “Bekerja secara remote memungkinkan bagi kita untuk bisa bekerja dimana saja dan kapan saja, karena jam kerja didasarkan pada deadline yang sudah ditentukan,” ungkapnya.
Ibu satu anak yang juga programmer ini membagi suka duka bekerja secara remote. “Karena remote, maka bisa bekerja di rumah, kita tidak diawasi secara langsung, dampak positifnya bisa lebih fokus. Akan tetapi kadang merasa kesepian, jika ada perbedaan zona waktu karena perusahaan induk yang berada di luar negeri maka perlu pengaturan jam kerja  dan lain-lain,” lanjutnya.
Arini juga membagi tips bagi mahasiswa yang berencana berkarir secara remote. “Harus memiliki manajemen diri, buat target, sering update kemampuan dan teknologi, serta pelajari budaya perusahaan khususnya untuk perusahaan-perusahaan di luar negeri,” tegasnya menutup sesi materi.
Mahasiswa juga dibekali dengan materi tentang ketenagakerjaan. Hadir sebagai pemateri Nur Putri Hidayah, SH, MH dosen Fakultas Hukum UMM. Ibu dua orang anak ini menjelaskan materi tentang “How to create a labour contract”.
Nur Putri memaparkan empat  syarat sah perjanjian atau kontrak kerja yang harus dibuat, serta jenis – jenis kerja kontrak berdasarkan undang-undang. Di akhir sesi para mahasiswa etika profesi binaan Syaifuddin, M.Kom diminta  mereview contoh kontrak kerja yang telah dibagikan. Selanjutnya mereka diminta mencari kesalahan-kesalahan yang terdapat pada kontrak kerja tersebut.
Perwakilan panitia penyelenggara Nur Hayatin, M.Kom yang ditemui di sela-sela kegiatan menjelaskan, event ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Prodi Informatika. Selain seminar terdapat pula pameran produk dan jasa di bidang teknologi informasi yang melibatkan 137 tenant dan lebih dari 400 mahasiswa.
“Seminar dan pameran yang diselenggarakan hari ini merupakan salah satu perwujudan visi dan misi Prodi Informatika UMM. Yakni pada tahun 2030 menjadi program studi bertaraf internasional di bidang informatika dan berlandaskan pada nilai-nilai Islam,” ungkapnya.
Seluruh karya yang dipamerkan merupakan produk dari beberapa mata kuliah seperti artificial intelligence, kewirausahaan berbasis teknologi, dan penulisan ilmiah. “Ini membuktikan bahwa, tidak hanya teori saja tetapi kami membekali mahasiswa dengan ketrampilan dan pengalaman real dalam masyarakat dan dunia kerja,” tambahnya. (sir/bua/van)

Editor : Vandri
Penulis : Buari



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...