MalangPost - Prihatin, Bertambahnya kasus positif Covid-19 di Kota Malang

Kamis, 13 Agustus 2020

  Mengikuti :

Prihatin, Bertambahnya kasus positif Covid-19 di Kota Malang

Rabu, 08 Jul 2020, Dibaca : 4593 Kali

MALANG - Mendengar perkembangan bertambahnya kasus positif Covid-19 di Kota Malang, yang kembali menjadi zona merah, sebagai warga Kota Malang saya merasa sangat prihatin.

Hal ini menunjukkan masih rendahnya tingkat kesadaran dan kedisplinan masyarakat, dalam melaksanakan protokol kesehatan. Karakter masyarakat kita, masih cenderung bosan, bahkan suka marah jika diingatkan, untuk patuh terhadap protokol kesehatan.

   Baca juga : Korupsi, Penodaan Serius Negara Hukum

Masyarakat juga masih kurang sadar, betapa berartinya menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, bagi keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Ditambah lagi, kontrol dan penegakkan hukum dari pemerintah, masih dirasa kurang kuat, tegas dan berkelanjutan. Akibatnya, masyarakat menjadi semakin enggan untuk taat pada protokol kesehatan.

   Baca juga : Mengawal Dana Bansos Covid-19 Kota Batu Bebas Korupsi

Desakan ekonomi dan tekanan psikologis, selalu menjadi alasan utama. Tapi masih banyak cara untuk mengatasinya, tanpa harus perlu melanggar protokol kesehatan. Karena dimana pun, masih sangat mungkin bisa tertular corona. Kita harus tetap waspada dan tidak boleh lengah.

 

Selain itu, juga diperlukan inovasi dari semua kalangan. Pemerintah kita, tidak bisa bekerja sendirian. Apa pun yang dilakukan pemerintah, tidak akan ada hasilnya, jika masyarakat tidak mendukung.

Itu artinya, hanya kesadaran dan disiplin diri yang tinggi semua pihaklah, yang membuat penyebaran covid-19 ini bisa ditekan. Jangan lagi jumlah warga yang terpapar virus ini terus bertambah. (*)

* Maulina Pia Wulandari, PhD

Dosen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Brawijaya

Editor : Redaksi
Penulis : Malang Post