PR Dewan Batu 15 Ranperda, Kabupaten Langsung Didemo | Malang Post

Senin, 20 Januari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Sabtu, 31 Agu 2019,


BATU - Anggota DPRD Kota Batu periode 2019-2024 yang dilantik Jumat (30/8) kemarin didominasi pengusaha. Mereka harus kerja keras menuntaskan 15 rancangan peraturan daerah (ranperda) dalam waktu empat bulan. Sedangkan anggota DPRD Kabupaten Malang yang dilantik kemarin langsung disambut unjuk rasa.
Selain didominasi pengusaha, 30 anggota dewan Kota Batu yang baru berasal dari berbagai latar belakang. Di antaranya petani, mantan kepala dusun (kasun), mantan kades, hingga putri kepala dinas.
Dari kalangan petani yakni Ilyas asal Partai Golkar. Ia merupakan petani dan pedagang apel sekaligus ketua pasar buah Kota Batu. Kemudian Agung Sudiyono asal  Gerindra dan Heli Suyanto berlatar belakang pengusaha agribisnis. Selain itu ada juga Khamim Tohari dari PDI Perjuangan, pengusaha roti dan produk jadi seperti keripik buah. Ia juga pernah menjabat  Kasun Gondang, Desa Tulungreno. Kemudian Ludi Tanarto yang diusung PKS merupakan pengusaha pupuk.  
Dari Partai Demokrat, terdapat Suwandi, pengusaha mebel. Sedangkan M. Didik Subiyanto dari PKB merupakan pengusaha apel. Hari Danah Wahyono dari Gerindra juga pelaku usaha agribisnis. Sementara dari dapil tiga, Sampurno, kader PDI Perjuangan pebisnis peralatan pesta.
Dari 30 wakil rakyat Kota Batu, tercatat tiga mantan kades. Yakni mantan Kades Beji, Kukuk Kusbianto (PDI Perjuangan), Bambang Sumarto dari Golkar pernah menjadi Kades Tlekung serta Jatmiko. Jatmiko dari Nasdem pernah menjabat sKades Sidomulyo.
Sementara anggota dewan terumda berusia 25 tahun, Almirah Ghaida Dayanara asal PDI Perjuangan. Amira, sapaan akrab Almirah Ghaida Dayanara merupakan putri Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu, Arief As Siddiq. Menariknya, Amira saat dilantik ditemani
Ayahnya, sang ibu dan calon suami.
30 anggota dewan dengan komposisi 15 wajah lama dan 15 wajah baru ini sudah ditunggu pekerjaan rumah (PR). Mereka wajib menuntaskan pembahasan 15 ranperda dari total 23 ranperda yang harus dibahas. Waktu pembahasan ranperda sebanyak itu hingga Desember mendatang.  Beberapa ranperda yang segera dikebut di antaranya Pajak Daerah dan  Retribusi Tera Ulang.  
Ketua DPRD Kota Batu sekaligus Ketua Sementara, Cahyo Edi Purnomo menanggapi jumlah raperda bukan menjadi tolak ukur kinerja. "Dilihat dari kualitas,  efektivitas ke masyarakat. Karena percuma kalau membuat perda tapi nyatanya membebani rakyat," tegasnya.


Didik- Kholiq Pimpinan Sementara Dewan Kabupaten  
Pelantikan anggota DPRD Kabupaten Malang diwarnai aksi demo. Sejumlah aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang  mendatangi gedung wakil rakyat tersebut.  
Mereka tak sekadar orasi, tapi juga membawa poster berisi tentang beragam tuntutan. Di antarannya menuntut adanya revitalisasi fungsi DPRD. Selain itu juga menyelesaikan bangunan yang pengerjaaannya belum terselesaikan dan lainnya.
Korlap aksi, Lazuardi Wildan mengatakan, aksi yang digelar itu  sebagai bentuk mengawasi kinerja anggota DPRD Kabupaten Malang periode 2019-2024.
Ketua sementara DPRD Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto langsung merespon unjuk rasa itu. Ia menemui pengunjuk rasa.  ”Kami berterima kasih kepada adik-adik semua yang sudah memberikan perhatian. Semua yang adik-adik sampaikan menjadi motivasi kami untuk melaksanakan tugas,’’ katanya.
Sementara itu, Didik terpilih  sebagai ketua sementara DPRD Kabupaten Malang diumumkan usai pelantikan. Ketua PDI Perjuangan Kabupaten Malang ini didampingi Ir H Kholiq dari PKB.
Kepada Malang Post Didik mengatakan, menjadi pimpinan sementara  berdasarkan keputusan partai. Begitu juga dengan Ir Kholiq, ditunjuk oleh partainya menjadi wakil ketua sementara.
Tugasnya sebagai pimpinan sementara, kata Kholiq, membuat surat kepada partai-partai peraih kursi terbanyak, untuk segera mengusulkan nama untuk posisi pimpinan dewan. Selain itu juga memfasilitasi pembentukan komisi dan alat kelengkapan lainnya.
”Biasanya setelah dilantik ini, sekitar 10 hari nanti ada pimpinan definitif. Itu sebabnya, kami kebut ini agar pimpinan definitif cepat terbentu,’’ ungkapnya. (eri/ira/van)

Editor : vandri
Penulis : kris






LOWONGAN KERJA

Loker

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...