MalangPost | Positif Corona Membaik di Karantina Mandiri

Minggu, 07 Juni 2020

  Mengikuti :


Positif Corona Membaik di Karantina Mandiri

Kamis, 09 Apr 2020, Dibaca : 2475 Kali

MALANG - Semua pasien baru positif Covid-19 di Kabupaten Malang dan Kota Malang tetap menjalani karantina mandiri. Kondisi mereka dikabarkan makin membaik. Karena itulah belum dirujuk ke rumah sakit (RS).  
Tiga pasien terpapar virus Corona di wilayah Kabupaten Malang menjalani karantina di rumah masing-masing. Petugas puskesmas di tempat tinggal mereka ikut memantau kondisi kesehatan secara rutin.


Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang drg. Arbani Mukti Wibowo menjelaskan, tiga pasien itu tampak sehat dan berakivitas seperti biasa.  “Kondisi mereka tidak ada keluhan. Hanya saja hasil swabnya positif,”  jelas Arbani.


Seperti diberitakan sebelumnya, wilayah Kabupaten Malang terdapat tiga pasien baru positif Covid-19. Mereka merupakan petugas pelatihan haji di Surabaya beberapa waktu lalu. Sedangkan di Kota Malang terdapat tiga dokter yang merupakan pasien baru positif terpapar virus Corona.  
Lebih lanjut Arbani mengatakan, pihaknya telah meminta tiga pasien baru aktif berkonsultasi dengan petugas kesehatan melalui WhatsApp (WA). Terutama suhu tubuh dan kondisi terkini kesehatan. “Kami juga sudah sampaikan agar segera menginfirmasikan jika mengalami gejala klinis seperti sesak napas,” jelasnya.


Ia menambahkan, tiga pasien baru itu berdomisili di tiga wilayah kecamatan. Yakni Kecamatan Bululawang, Ngajum dan Pagelaran. Mereka sebelumnya mengikuti kegiatan pelatihan tim pendamping dan kesehatan haji Indonesia.
“Kalau bagaimana terpapar, kami masih melakukan pengecekan. Tapi yang jelas, mereka (tiga orang positif) mengikuti pelatihan itu di Surabaya,” tambah mantan direktur RSUD Lawang ini.
Berdasarkan data Dinkes Kabupaten Malang, hingga Rabu (8/4) terdapat  10 kasus positif Covid -19. Rinciannya empat sembuh, tiga karantina di rumah, dua jalani perawatan dan satu meninggal dunia.  

 

Pasien Covid-19 Kota Malang Membaik
Di Kota Malang, kondisi pasien positif Covid-19 berada dalam keadaan klinis membaik. Hal ini dijelaskan Jubir Satgas Covid-19 Kota Malang dr Husnul Muarif. Hingga kemarin, empat orang pasien positif terpapar virus Corona itu masih dilakukan perawatan.
“Saat ini kondisi menunjukan keadaan baik. Yang tiga orang  dari tenaga kesehatan (dokter)
sangat patuh untuk isolasi,” tegas Husnul.


Perawatan bagi pasien positif di Kota Malang cenderung baik karena pasien rajin makan dan mengkonsumsi obat yang diberikan.
Sementara itu data Covid-19 Kota Malang per 8 April 2020 ini menunjukan hal yang baik pula. Utamanya pada kondisi Orang Dalam Pemantauan (ODP).  Pasalnya ODP Covid-19 di Kota Malang yang sembuh dan lepas masa pantau berjumlah 106 orang per 8 April 2020 ini. Sehari sebelumnya yang tercatat sudah sembuh sebanyak 99 orang. Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) masih sama dengan sehari sebelumnya yakni berjumlah 153 orang.
Meski begitu jumlah ODR (Orang Dalam Resiko) bertambah dari 876 menjadi 917. Jumlah PDP (Pasien Dalam Pengawasan) juga bertambah yang dirawat yakni dari 35 orang menjadi 39 orang. (ira/ica/van)

Editor : Vandri Battu
Penulis : Redaksi