Populerkan Drone untuk Wisata | Malang Post

Minggu, 15 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Senin, 14 Okt 2019, dibaca : 378 , vandri, kris

BATU - Semarak HUT ke 18 Kota Batu menghadirkan berbagai kegiatan inovasi dan kepedulian. Usai Batu Robotics Week Minggu (13/10)  sore, Selasa (15/10) besok masih dilanjutkan pemberian tambahan gizi lansia. Sedangkan berbagai rangkaian kegiatan digelar pada Kamis (17/10) hingga pekan depan.
Lomba robotik nasional yang berakhir kemarin menghadirkan peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Jumlah kontestannya mencapai 200 peserta. Salah satu peserta dari SMKN 2 Jogjakarta yang tergabung dalam F1 Racing Team 2, Maheswara Rakha Danindra ikut dalam katergori drone race. Membawa mikro drone race, ia meraih juara 2.
Maheswara menjelaskan, kelebihan mikro drone race yakni terhubung dengan kamera first person view (FPV). Sehingga pengemudi drone bisa langsung melihat pandangannya melalui FPV.
"Kelebihan drone ini lebih kecil dari drone konvensional. Dengan perbandingan 1:10 dari drone konvensional," bebernya.
Ia menerangkan, mikro drone sangat cocok untuk pembelajaran anak-anak. Proses pembuatannya
lebih mudah. Biaya merangkai mikro drone sekitar  Rp 3,5 - 4,5 juta. Sedangkan jangkauan terbangnya sekitar 100 meter.  
Tak hanya itu, kelebihan dari mikro drone ini bisa digunakan oleh profesional, seperti fotografer, pembuat film dan iklan. Kalangan masyarakat umum yang menggunakan drone untuk hobi, dan ingin menjelajah angkasa sembari menikmati keindahan alam bisa dengan alat yang lebih praktis.
Lomba robot tingkat nasional itu di antaranya yang meraih juara 1 untuk katergori drone racing junior adalah Tim Scorc1 dari SD Muhammadiyah Sokonandi Jogjakarta, kategori reque oleh Tim Spenza dari SMPN 1 Surabaya, kategori robot sumo oleh Tim Gama yang juga SMPN 1 Surabaya.
Kejuaraan yang berlangsung sejak 6 Oktober tersebut digelar di Fun Tech Plaza Jatim Park 3. Sedangkan penutupan di Balai Kota Among Tani Batu.
Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si sangat mengapresiasi perlombaan tersebut. Ia  berpesan agar para pencipta robot mampu membuat robot yang bermanfaat guna mempermudah kerja masyarakat.
"Dengan adanya perlombaan robotics, kedepan profesi dan lulusan bukan hanya lulusan insiyur atau sarjana pendidikan. Tapi bisa lebih banyak lulusan yang memiliki nilai-niali kekinian seperti programer hingga pembuat robot yang luar biasa," paparnya.
Karena itu, Wali Kota Batu yang akrab disapa Bude ini ingin setiap orang tua mendukung penuh putra-putrinya berkarya. Baik dukungan motivasi dan materi. Sehingga anak-anak menjadi bagian dari penerus bangsa dengan karya-karya yang dibuatnya.
"Semoga kegiatan ini telaksana setiap tahun. Sehingga tak hanya peserta yang terus bertambah, tapi juga kualitasnya. Dengan begitu, anak-anak punya kegiatan postif dan bermanfaat seperti merancang program dan membuat inovasi robot," urainya.
Operational Manager Fun Tech Plaza JTP 3, Nia Hapsari mengatakan, lomba robotics pada tahun ini digelar untuk ketiga kalinya. Tujuannya branding Kota Wisata Batu sebagai daerah yang terbuka terhadap kemajuan teknologi. Selain itu untuk memperingati HUT ke 18 Kota Batu.
"Kegiatan ini digelar oleh JTP 3 bekerja sama dengan Komunitas Robot Surabaya dan Pemkot Batu," ujar Nia kepada Malang Post, Minggu (13/10) .
Dengan adanya lomba berkategori SD, SMP, SMA/K dan umum ini diharapkan mampu memotivasi dan memgenalkan pelajar di Kota Batu. Sehingga kedepan muncul bibit dan ahli teknologi dari Kota Batu.
 
Rangkaian Event Ramaikan HUT Kota Batu
Selain Batu Robotics Week, Pemkot Batu juga bakal menggelar berbagai kegiatan merayakan HUT ke 18 Kota Batu. Selasa (15/10) besok pemberian Tambahan Gizi Bagi Lansia.
Kemudian, Kamis (17/10) yang merupakan HUT Kota Batu akan dilaksanakan Upacara Peringatan HUT ke 18 Kota Batu di Stadion Brantas, Kemudian dilanjut resepsi, acara puncak, dan pagelaran wayang kulit di Balai Kota Among Tani Batu.
Pada 21-26 Oktober akan dilanjutkan dengan Festival Bintang Radio Nasional. Dilanjut 27 Oktober kegiatan Among Tani Fun Run dan Pekan Florikultura. Serta 12 November bakal berlangsung Festival Sego Empok dan gebyar musik dengan bintang tamu Didi Kempot.
Sementara itu, 17 November dilanjut KWB Super Adventure 4. Pada 20 November berlangsung Pasar Murah dan Gebyar Produk UMKM di Balai Kota Among Tani Batu. (eri/van)



Loading...