MalangPost - Polisi Ultah, Beri Hadiah SIM Gratis

Kamis, 09 Juli 2020

  Mengikuti :

Polisi Ultah, Beri Hadiah SIM Gratis

Selasa, 30 Jun 2020, Dibaca : 1227 Kali

PASURUAN - Menyambut peringatan Hari Bhayangkara, 1 Juli, Satuan Lalu Lintas Polres Pasuruan, menggelar program hadiah kepada masyarakat. Yakni pembuatan SIM gratis untuk pelayan perpanjangan dan baru secara gratis, dengan syarat dan ketentuan khusus.

‘’Program ini bagi masyarakat yang tanggal lahirnya tepat pada 1 Juli. Pemohon SIM tidak akan dipungut biaya. Namun tetap melaksanakan prosedur mengikuti tes teori dan praktek. Uji kesehatan tetap membayar, karena tidak termasuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP),’’ terang Kasatlantas Polres Pasuruan AKP A.R Dwi Nugroho.

Lebih lanjut, Kasatlantas mengatakan, disediakan kuota 15 pemohon SIM baru dan 15 pemohon SIM perpanjangan. ‘’Pemohon SIM yang lahir tepat tanggal 1Juli, bisa mengurus mulai tanggal 29 hingga 1Juli di Satpas Polres Pasuruan,’’ imbuh Kasatlantas.

Sedangkan syarat - syarat nya, pemohon yang lahir pada 1 Juli harus memiliki KTP elektronik atau e-KTP dan surat keterangan sehat. Kemudian syarat berikutnya bagi pemohon SIM baru, yaitu wajib lulus dalam tes uji teori dan praktek. Sementara untuk pemohon perpanjangan SIM, diwajibkan menyertakan SIM lama dalam pembuatan SIM.

Seperti diketahui, berdasarkan ketentuan biaya pembuatan SIM A sebesar Rp120 ribu, SIM C Rp100 ribu, serta SIM B I Rp120 ribu. Kemudian untuk perpanjangan SIM A dikenakan tarif sebesar Rp.80 ribu, SIM C Rp.75 ribu, dan SIM B I Rp.80 ribu.

Program SIM gratis dalam rangka HUT Bhayangkara ini, digelar mengacu pada Surat Telegram Nomor ST/1671/VI/YAN.1.1/2020 tanggal 12 Juni 2020 yang ditandatangani oleh Kakorlantas Inspektur Jenderal Istiono. (wan/mp)

Editor : Redaksi
Penulis : Jatim