Polinema, Politeknik Paling Diminati di Indonesia | Malang Post

Minggu, 17 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Jumat, 27 Sep 2019, dibaca : 2937 , aim, asa

MALANG - Sejak lima tahun terakhir, Politeknik Negeri Malang (Polinema) menjadi Politeknik yang mendapat minat paling tinggi di seluruh Indonesia. Peminat mahasiswa tahun 2019 sebanyak 70 ribu peserta dengan rasio 1:21. Yang diterima hanya 3.383 peserta. Jumlahnya pun meningkat dari tahun ke tahun. Ini mencerminkan peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap mutu pembelajaran yang ada di Polinema. Hal tersebut disampaikan Direktur Polinema Drs. Awan Setiawan, M.MT, M.M menjelang momen pengukuhan terhadap 1.056 wisudawan Polinema, Sabtu (28/9) hari ini.
"Masyarakat telah menjadikan Polinema sebagai minat utama. Semoga kepercayaan tersebut dapat menjadi pendorong bagi Polinema dalam meraih prestasi Tri Dharma perguruan tinggi yang Iebih baik lagi," ungkapnya.
Menurutnya, hal tersebut ditengarai dari sejumlah faktor, diantaranya sejumlah prestasi yang diraih Polinema, yaitu memperoleh akreditasi institusi dengan nilai meyakinkan A atau unggul. Polinema juga meraih peringkat ketiga Klaterisasi Perguruan Tinggi Vokasi Tahun 2019 dari  1.128 perguruan tinggi vokasi di Indonesia. Serta peringkat kedua Anugerah Widyapadhi Politeknik Sub Kategori Produk lnovasi Tahun 2019.
Dia juga menyebutkan, Polinema menempati peringkat pertama klaterisasi Kinerja Kemahasiswaan Perguruan Tinggi Vokasi di Indonesia Tahun 2019. Selain itu, Polinema juga memiliki mahasiswa baru terbanyak dibanding dengan Politeknik se Indonesia lainnya. Mereka berasal dari 30 provinsi di seluruh Indonesia, hampir merata berasal dari Aceh hingga Papua.
"Ini menunjukkan bahwa Polinema merupakan pendidikan berkualitas yang dikenal secara nasional. Jujukan dari para pelajar terbaik yang berasal dari seluruh Indonesia. Ke depannya, untuk semakin mengembangkan Polinema, kami telah mempersiapkan tenaga terampil di bidang terapan dengan meningkatkan penambahan program studi dan telah turun izin pendirian di tahun ini," lanjutnya.
Ditambahkannya, program studi tersebut, Program Studi D4 Bahasa lnggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional yang bernaung di bawah jurusan Administrasi Niaga, Program Studi D3 Teknologi Pertambangan (dibawah Jurusan Teknik Sipil), serta Program Magister Terapan Sistem Informasi Akuntansi. Dengan bertambahnya sejumlah prodi baru tersebut, Polinema kini telah memiliki 26 program studi.
Selain itu, juga masih terdapat beberapa program studi yang menunggu persetujuan dari Menristekdikti, yaitu, D3 Kearsipan (dibawah Jurusan Administrasi Niaga), D3 TPPU Teknologi Perawatan Pesawat Udara (dibawah Jurusan Teknik Mesin). “Melalui pembukaan sejumlah prodi baru tersebut, diharapkan Polinema dapat memenuhi kebutuhan dan persaingan dunia kerja,” harapnya.
Sementara itu, sistem pembelajaran di Polinema juga makin berkualitas berkat penganugerahan gelar profesor atau guru besar terhadap Prof. Dr. Ir. Bambang lrawan, MT. Prof. Bambang Irawan, merupakan Profesor pertama Polinema. Sejauh ini Polinema juga telah memiliki dosen bergelar doktor  mencapai 73 orang.
"Jumlah doktor kami terbanyak se Politeknik Indonesia, dosen S2 sebanyak 431. Jumlah dosen PNS 504 orang, dan yang sedang melanjutkan studi S3 sejumlah 58 orang, kami menargetkan tahun ke depannya jumlah profesor terus bertambah," tutupnya.(asa/aim)



Minggu, 03 Nov 2019

Polinema Pertahankan Akreditasi A

Loading...