PMR SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School, Kali Pertama Berlomba Langsung Juara | Malang Post

Kamis, 14 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Sabtu, 12 Okt 2019, dibaca : 639 , rosida, imam

MALANG - Pengalaman pertama yang manis dirasakan oleh regu PMR SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School. Di kompetisi PMR yang pertama mereka ikuti, langsung membawa dua trofi juara. Yaitu juara 2 lomba desain poster dan juara 3 cerdas cermat.
Kejuaraan tersebut mereka peroleh di event Radiation yang digelar oleh Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, akhir pekan lalu. Perasaan senang diungkapkan oleh Afdhal Iftikhar Haykal, salah satu anggota dari regu PMR SMAIS Malang Boarding School.
"Alhamdulillah, banyak yang bisa kita dapatkan. Selain juara kami juga mendapat pengalaman dan tambahan wawasan tentang ke PMR-an," ujarnya.
Dalam kompetisi PMR tingkat Jawa Timur tersebut ada beberapa mata lomba. Yakni lomba desain poster, cerdas cermat dan fotografi. Dalam tiga perlombaan tersebut tim SMAIS hanya mengikuti dua lomba.
Haykal menjelaskan, lomba poster mengangkat tema traffic accident dengan tiga sub tema. Antara lain tentang pencegahan kecelakaan, penanganan kecelakaan dan pertolongan pertama. "Kami mengambil yang pertolongan pertama untuk mencegah pendarahan," ungkapnya.   
Adapun cerdas cermat, temanya tidak terlalu jauh dari desain poster. Kisi-kisi materi sudah disampaikan panitia dalam petunjuk pelaksanaan.
Lomba cerdas cermat dilaksanakan, Minggu (6/10). Namun sehari sebelumnya ada penguatan materi dalam bentuk seminar dari para ahli yang bertindak sebagai Nara sumber. Yakni para dokter dan tenaga medis profesional.
Darin ayu Savitri, yang juga anggota tim PMR SMAIS Malang Boarding School menjelaskan cerdas cermat dibagi menjadi tiga sesi. Yaitu penyisihan, semifinal dan final.
"Materinya sesuai dengan kisi-kisi yang ditetapkan panitia dan isi seminar tentang Basic life support dan psychological first aid," jelasnya.
Darin  menambahkan ia dan teman-temannya mendapat beberapa pengetahuan baru, terutama tentang pertolongan pertama akan psikologi korban kecelakaan (psychological first aid). "Bagi kami ini tambahan ilmu yang berharga untuk kami praktekkan," kata dia.
Selain ilmu yang diberikan secara langsung oleh pemateri, even Radiation memberikan satu kesan yang menyenangkan. Dalam kesempatan tersebut, para peserta diajak berkeliling Fakultas Kedokteran UB.
Mereka mengunjungi lab patologi dan museum anatomi tubuh.  "Di situ juga kami mendapat pengetahuan lain tentang anatomi tubuh manusia dengan melihat wujud aslinya," ungkapnya.
Waka Kesiswaan Dan Humas SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School, Agus Budiono, S.Pd, mengatakan sebelum lomba anak didiknya diberikan pembinaan terlebih dahulu selama dua Minggu oleh tim pembina PMR di SMAIS.
Yang paling penting, lanjutnya, dalam perlombaan PMR yang baru pertama kali diikuti tersebut, adalah pengalaman dan ilmu baru bagi siswa. "Artinya kemampuan anak dalam bidang penanganan atau pertolongan pertama pada kecelakaan semakin bagus. Karena tuntutan dalam lomba tersebut peserta harus mampu memahami, menangani dan menanggulangi kecelakaan," terangnya kepada Malang Post. (imm/oci)



Loading...