MalangPost | PKB Cari Pendamping Sanusi, Buka Penjaringan Cawabup Setelah Rekom Turun

Minggu, 07 Juni 2020

  Mengikuti :


PKB Cari Pendamping Sanusi, Buka Penjaringan Cawabup Setelah Rekom Turun

Minggu, 12 Jan 2020, Dibaca : 1671 Kali

MALANG - Siapa calon bupati yang bakal diusung PKB, tinggal menunggu beberapa hari. DPP PKB akan mengumumkan rekom pada pertengahan Januari ini. Nama Cabup yang mendapat rekom, akan disampaikan pada tanggal 15 Januari. PKB bakal mencari pendamping Cabup yang kini santer mengarah ke H. M. Sanusi.
"Sampai sekarang rekom belum turun. Kemungkinan pertengahan Januari sekitar tanggal 15," ungkap Sekretaris DPC PKB Kabupaten Malang, Muslimin.
Menurutnya, dalam bursa pencalonan bupati, Ketua DPC PKB Kabupaten Malang, Ali Ahmad memang mengundurkan diri. Namun bukan berarti, Drs. H. M. Sanusi, bisa secara otomatis terpilih. Karena keputusan berada di DPP PKB.
"Siapa calon yang terpilih, belum tahu. Karena sampai saat ini, belum ada hitam di atas putih," ujarnya.

   Baca juga :

Sanusi: Figur Cawabup Ikuti Putusan Partai

Hasan Abadi Fokus N1, Bukan Jadi N2

Pendamping Sanusi Harus Berbasis Massa Nasionalis


Apakah nantinya Cabup dan Cawabup sepaket?. Muslimin mengatakan, bahwa rekom DPP PKB terlebih dahulu akan menentukan Cabup. Baru kemudian menyusul akan menentukan wakilnya. Rekom untuk Cawabup tetap menjadi kewenangan DPP.
"Nama Cawabup nantinya kami (DPC PKB, red) yang akan mengusulkan. Sesuai wacana sebelumnya, begitu rekom Cabup turun, kami akan langsung membuka pendaftaran Cawabup," jelas dia.
Pendaftaran Cawabup, akan langsung dibuka setelah rekom dari DPP PKB untuk Cabup turun. Rencananya pendaftaran hanya dibuka selama tiga hari. Calon wakil, selain dari kader PKB, juga dari luar kader.
"Untuk wakil selain kader, juga bisa dari luar kader. Termasuk dari NU ataupun partai politik lain," katanya.
Lebih lanjut, anggota DPRD Kabupaten Malang ini, menyampaikan bahwa calon wakil bupati, diharapkan yang bisa bekerjasama dengan bupati. Termasuk satu visi serta seiring sejalan. Jangan sampai bupati jalan ke utara, wakilnya malah sebaliknya.
Soal koalisi dengan Parpol lainnya?. Muslimin mengatakan bahwa komunikasi terus dilakukan. Selain dengan Gerindra, juga dengan NasDem. Bahkan mengklaim sudah menjalin komunikasi 80 persen, hanya tinggal finalisasi.
"Target kami dari DPC PKB adalah tetap bisa mengamankan kursi pimpinan, yang sudah diraih pada periode sebelumnya," urainya.
Selain menjalin komunikasi dengan Parpol lain, pengurus DPC PKB Kabupaten Malang juga sudah menjalin komunikasi dengan organisasi lain. Seperti Perempuan Bangsa, Garda Bangsa, juga dengan sayap-sayap NU dan kader PKB. (ira/ary)

Editor : Bagus Ary Wicaksono
Penulis : Ira Ravika