Pipa Pertamina di Cimahi Meledak, Satu Operator Tewas | Malang Post

Kamis, 14 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Selasa, 22 Okt 2019, dibaca : 510 , udi, net

BANDUNG - Pipa gas Pertamina di Cimahi terbakar sekitar pukul 14.14 WIB di Cimahi, Jawa Barat. Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyatakan karena kebakaran tersebut polisi melakukan rekayasa lalu lintas. Lokasi kebakaran berada dekat dengan Jalan Tol Purbaleunyi Kilometer 130 Pasirkoja-Pasteur. "(Jalur) Cileunyi-Jakarta menggunakan satu jalur menjauh dari TKP," kata Trunoyudo, Selasa (22/10).
Seorang petugas operator alat berat dikabarkan tewas akibat kebakaran pipa minyak di lokasi proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Kebakaran itu terjadi di area kilometer 129 Tol Purbaleunyi, Kota Cimahi.
Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi menduga petugas yang tewas tersebut sedang mengoperasikan alat berat dengan menancapkan benda keras hingga mengenai pipa minyak milik Pertamina. Petugas yang tewas itu diduga warga negara asing bernama Li Xuangfeng saat sedang mengoperasikan alat berat tersebut.
Berdasarkan pantauan di lokasi kejadian, asap hitam membumbung tinggi. Sementara titik api sulit dijangkau petugas pemadam kebakaran. PT Pertamina (Persero) mengaku telah menghentikan aliran bahan bakar minyak (BBM) pada pipa yang berada di pinggir jalan tol Padalarang-Buah Batu KM 130. Hal ini dilakukan setelah terjadi kebakaran di pipa tersebut. "Pertamina saat ini fokus pada pemadaman dan berkoordinasi dengan dinas pemadam kebakaran setempat," ungkap Unit Manager Communications & CSR Dewi Sri Utami.
Walaupun aliran BBM kini disetop, Dewi memastikan pasokan BBM di Bandung masih mencukupi. Dewi menyatakan pihaknya kini fokus pada pemadaman kebaran. Ia menyatakan kebakaran terjadi ketika pipa yang sedang menyalurkan BBM jenis Pertamina Dex dari Terminal Ujung Berung ke Padalarang. Sejauh ini pihaknya masih melakukan investigasi atas penyebab kebakaran tersebut. "Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan dari dampak kebakaran ini," katanya.
Sementara itu, Salah seorang warga, Dadang, mengaku kaget dengan meledaknya pipa yang terjadi di pinggir tol Padalarang, Buah Batu KM 130 tersebut. Dadang mengatakan mengetahui ledakan karena banyak orang yang turut lari dari kobaran api. "Tadi pada lari, enggak tahu pasti awalnya tiba-tiba meledak," kata Dadang. (cnn/det/udi)



Loading...