Pilkades Serantak, Calon Petahana Berjaya

Selasa, 22 Oktober 2019

  Follow Us

Rabu, 02 Okt 2019, dibaca : 891 , aim, kris

BATU - Pesta demokrasi tingkat desa atau Pilkades usai digelar di 11 desa di Kota Batu, Rabu (2/10). Dalam pelaksanaanya berjalan dengan lancar mulai dari pemungutan suara hingga perhitungan suara.  Sampai jam 20.30 tadi malam, beberapa desa yang telah selesai dilakukan perhitungan.
Desa Junrejo yang dimenangkan oleh incumbent atau petahana Andi Faizal dengan perolehan suara 3.136. Unggul atas Hadi Wigyo dengan suara 2.364. Sedangkan 49 suara tidak sah dari jumlah DPT. Desa Gunungsari, Andi Susilo yang juga incumbent berhasil meraih 3.025 suara. Mengalahkan lawannya Suliono dengan 1.366 suara. Dengan suara tidak sah 85 suara. Untuk sembilan desa lainnya, meliputi Desa Tulungrejo incumbent Suliono unggul sementara mengalahkan empat pesaingnya. Diikuti Desa Giripurno unggul sementara oleh Suntoro, Desa Oro-Oro Ombo dengan Wiweko selaku incumbent. Desa Sidomulyo ada Suharto, dan Desa Sumberejo Riyanto juga unggul sementara. Untuk Desa Torongrejo sementara oleh Sugeng, Giripurno oleh Suntoro. Kemudian Desa Bumiaji ada Edy suyanto yang unggul sementara. Serta Desa Beji ada Dedi Irawan dan Desa Punten oleh Hening Trisunu.
Untuk hasil perhitungan di sembilan desa tersebut masih bisa berubah. Pasalnya hasil perhitungan tersebut belum selesai hingga pukul 20.00 WIB Rabu (2/10) malam. Hampir seluruhnya Cakades terpilih adalah incumbent.
Kasubag Pemerintahan Desa, Bagian Pemerintahan Kota Batu, Abdul Salam mengatakan, dari hasil perhitungan akan langsung diberikan kepada kepada BPD. Setelah itu ke Camat dan berakhir di Ketua Panitia tingkat kota, yakni Sekda Kota Batu, Zadiem Efisiensi.
"Setelah proses perhitungan suara di 11 desa. Panitia tingkat desa melaporkan hasil ke BPD. Kemudian ke Ketua Tingkat Kota melalui Camat. Hasil tersebut maksimal paling lambat tujuh hari diselesaikan," ujar Salam kepada Malang Post, Rabu (2/10).
Ia juga menjelaskan, jika terjadi kecurangan. Gugatan juga bisa dilakukan. Proses yang harus dilalukan oleh penggugat harus lapor ke Panitia Tingkat Kota.
"Dalam gugatan itu penggugat harus membawa bukti-bukti kecurangan. Sesuai aturan nantinya gugatan akan diperiksa paling lama 30 hari setelah laporan diterima," bebernya.
Namun jika tidak terjadi gugatan dari proses pemungutan hingga hasil perhitungan suara selesai dan diketahui siapa Cakades terpilih. Lebih lanjut kandidiat terpilih akan ditetapkan melalui SK Wali Kota dan dilantik tanggal 5 Desember 2019. (eri/aim)



Selasa, 22 Okt 2019

Refa Andalan Akademi Asskaba Batu

Loading...