Petik Laut, Bupati Janji Perbaiki Jalan Menuju Pantai Sendang Biru | Malang Post

Senin, 16 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Sabtu, 28 Sep 2019, dibaca : 750 , udi, ira

MALANG - Petik laut yang digelar warga Dusun Sendang Biru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang Jumat (27/9) siang di Pantai Sendang Biru ditandai dengan larung sesaji.
Bupati Malang H.M. Sanusi yang hadir dalam event tersebut menyampaikan, event ini tidak sekadar kegiatan seremonial. Tapi petik laut merupakan adat dan budaya yang harus dilestarikan. Terlebih menurut orang nomor satu di Pemerintahan Kabupaten Malang itu, event petik laut menjadi simbol atau wujud rasa syukur warga terhadap Tuhan YME.
"Ritual Petik Laut ini merupakan bukti rasa syukur para nelayan dan warga  atas rizki yang telah diberikan oleh Allah SWT. Momentum ini dapat menjadi sebuah titik tolak positif, menuju pada kehidupan yang semakin baik, semangat kerja yang semakin meningkat, dan tak kalah pentingnya semakin memacu kepedulian masyarakat, para nelayan, dan semua pihak untuk turut berpartisipasi menjaga kelestarian laut, " ucapnya.
Sanusi memberikan apresiasi kepada warga yang menggelar kegiatan petik laut secara rutin setiap tahun. Bahkan agenda petik laut itu telah masuk dalam agenda pariwisata Kabupaten Malang. "Selain menjadi wujud rasa syukur masyarakat, sekaligus uri-uri budaya, event ini diharapkan menjadi daya tarik wisatawan," ungkap Sanusi.
Menurut Sanusi, kekayaan lautan saat ini tidak lepas dari peran serta nenek moyang. Mereka memiliki tekad untuk menjaga laut, untuk diwariskan kepada anak cucu. Tidak terkecuali pantai sendang biru, yang memiliki potensi ikan luar biasa.
Penangkapan ikan di pantai ini menjadi sumber ekonomi. Seiring dengan itu, Sanusi berjanji untuk memberikan perhatian lebih, terutama terhadap infrastruktur. "Nanti akses jalan akan diperbaiki untuk memudahkan transportasi. Tidak hanya untuk pengiriman ikan, tapi juga bagi wisatawan,’’ ujarnya.
Sementara petik laut kemarin berlangsung meriah. Sejumlah warga tampak membawa hasil bumi, yang selanjutnya bersama-sama dilarung ke tengah lautan.  H. M Sanusi, yang kemarin datang bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang Hj Anis Zaidah Sanusi langsung naik perahu, menuju ke tengah lautan untuk melakukan larung sesaji. Kegiatan ini semakin meriah, karena juga dimeriahkan dengan kirab budaya dan atraksi kesenian. (ira/udi)



Senin, 16 Des 2019

Gondanglegi Kena Trase Tol

Loading...