Pesawat Boeing Terbakar di Lanud Abd Saleh | Malang Post

Minggu, 17 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Kamis, 17 Okt 2019, dibaca : 46017 , udi, ira

MALANG - Suasana Lanud Abdulrachman Saleh yang tenang Rabu (16/10, berubah menjadi kepanikan. Hal itu setelah ada pesawat jenis boeing mengalami kecelakaan, saat melakukan pendaratan. Body samping kiri pesawat terbakar.
Beruntung saat itu anggota Lanud Abd Saleh sigap. Mereka yang tergabung dalam Crash Team dan Airbag Jack Team, langsung memberikan pertolongan. Beberapa dari mereka melakukan pemadaman api, yang terus membakar. Sedangkan sebagian lainnya, memberikan pertolongan kepada para penumpang pesawat tersebut.
Penumpang yang mengalami luka ringan, langsung mendapatkan perawatan intensif. Sedangkan penumpang yang mengalami luka berat langsung dimasukkan ambulan kemudian dibawa ke rumah sakit.
Namun, kejadian itu bukan yang sebenarnya. Kecelakaan pesawat yang terjadi di Lanud Abd Saleh merupakan skenario latihan Crash Team dan Airbag Jack Team yang digelar Dinas Operasi Lanud Abdulrachman Saleh, Malang. Latihan  tersebut digelar  untuk  penanganan kecelakaan pesawat terbang dan Tim Airbag Jack di sekitar landasan Lanud Abdulrachman Saleh.
"Latihan ini bertujuan memelihara kemampuan dan keterampilan anggota Crash Team dan Airbag Jack Team Lanud Abdulrachman Saleh dalam menghadapi kemungkinan kondisi emergency seperti kebakaran hanggar, gedung/perkantoran, maupun kecelakaan pesawat terbang di lingkungan Lanud Abdulrahman Saleh," kata Kasi Base Ops Dinas Operasi Lanud Abdulrachman Saleh Letkol Pnb Dodik Supriyanto,S.Sos., MMDS.
Kendati hanya latihan, penanganan kebakaran betul-betul dilakukan sangat serius. Bahkan latihan ini juga melibatkan puluhan personel, lanud Abd Saleh  kendaraan dan peralatan Pemadam Kebakaran Lanud Abdulrachman Saleh. Selain itu juga ada ambulance, yang digunakan membawa penumpang terluka ke rumah sakit.
Dodik mengatakan, sebelum latihan, diawali dengan materi, tentang prosedur penanganan kecelakaan pesawat. Setelah itu dilanjutkan dengan latihan lapangan. "Sebelumnya ada materi  tentang prosedur Crash Team dan Airbag Jack, " urainya, seraya menambahkan jika latihan itu disaksikan langsung Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Marsma TNI Hesly Paat dan para pejabat Lanud Abd saleh. (ira/udi)



Minggu, 17 Nov 2019

Buruh Tolak UMK dan UMP 2020

Minggu, 17 Nov 2019

Agama Angka

Loading...