Perusahaan Minim Peduli Lingkungan, Dewan Seriusi Ranperda CSR | Malang POST

Kamis, 20 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Jumat, 17 Jan 2020,

BATU - Banyaknya industri wisata dan perhotelan yang berdiri dan berkembang pesat di Kota Batu tak dibarengi dengan realisasi Corporate Social Responsibility (CSR). Itu terlihat dari minimnya CSR oleh industri atau perusahaan yang ada di Kota Batu untuk ikut andil dalam pembangunan.  
Pada tahun 2019 hanya ada beberapa CSR yang diterima Pemkot Batu. Hal itu sangat disayangkan Katua Komisi C DPRD Kota Batu, Khamim Tohari. Karena itulah DPRD pada tahun ini memasukkan Ranperda Tanggung Jawab Sosial Lingkungan atau CSR dari 27 Propemperda yang diprioritaskan.
"Tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan adalah sebuah kewajiban bagi perusahaan-perusahaan yang memgembangkan usaha di suatu daerah. Tak terkecuali di Kota Batu yang banyak tumbuh industri wisata hingga perhotelan," jelas Khamim kepada Malang Post, Jumat (17/1) .
Namun ia sangat menyayangkan dengan banyaknya industri wisata dan perhotelan yang tumbuh pesat di Kota Batu tidak diimbangi adanya tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan.
"Ranperda CSR ini nantinya diharapkan agar perusahaan atau industri yang tumbuh pesat di Kota Batu juga memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga tak hanya mencari keuntungan saja. Tapi harus ikut membangun Kota Batu," terangnya.
Politisi PDI Perjuangan ini mencontohkan selama ini masih sedikit industri atau perusahaan yang menjalankan tanggung jawab sosial lingkungannya. Setidaknya dengan adanya Perda CSR perusahaan-perusahaan yang ada bisa berkontribusi membangun Kota Batu melalui CSR.
"Selama ini masih beberapa saja yang wujudkan CSR. Misalnya Bank Jatim yang sering saya tahu. Serta beberapa industri wisata lainnya," imbuh Khamim.
Dari catatan Malang Post, beberapa CSR yang didapat oleh Kota Batu di antaranya pembangunan TPST Karyo Guno di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu bulan Mei dari Pegadaian Malang Raya. Selain itu hiasan buah apel di Jalan Pattimura oleh Bank Jatim yang selesai dikerjakan Februari 2019.
Serta CSR dari Laskar Foundation JTP Group pada Mei berupa pelebaran di simpang tiga Jalan Kartika, Bulan Mei dan pelebaran Jalan di Oro-Oro Ombo pada Juni 2019. Pada tahun 2020, CSR kembali diberikan Bank Jatim berupa satu unit kendaraan Ambulance. (eri/van)

Editor : Vandri Battu
Penulis : Kerisdiyanto



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...