Perumnas BI Dikepung Asap Tebal

Jumat, 18 Oktober 2019

Minggu, 06 Okt 2019, dibaca : 864 , mp, fino

MALANG – Kawasan Perumnas Bank Indonesia Jalan Pisang Candi Barat, Kelurahan Pisangcandi, Kecamatan Sukun, diselimuti kabut asap, Minggu sore. Api juga mengepul dari sebuah lahan kosong yang penuh daun kering dan semak belukar. Akibatnya, kawasan perumahan ini terkepung asap yang mengepul.
Masyarakat sekitar pun panik melihat banyaknya asap dari kebakaran lahan ini. Petugas Damkar Kota Malang menerima laporan tersebut, pukul 15.25 WIB. “Setelah menerima laporan sekitar pukul setengah empat, kami langsung meluncur ke lokasi yang terjadi kebakaran,” ujar Kepala Damkar Kota Malang, Anton Vera kepada Malang Post, Minggu.
Dalam waktu tak lebih dari 15 menit, petugas Damkar Kota Malang tiba di lokasi tersebut. Ketika tiba di kawasan ini, petugas melihat asap sudah meresahkan dan berpotensi membikin sesak warga. Karena itu, petugas langsung mengulur selang dan melakukan pemadaman api di lahan tersebut.
Petugas berjibaku selama kurang lebih satu jam untuk memadamkan api di lahan milik warga tersebut. Petugas menyisir area seluas 20 ribu meter persegi, dan menghabiskan air sebanyak 32 ribu liter. Para pemadam, memakan waktu satu jam untuk memadamkan api karena luasnya kawasan.
“Kami melakukan pemadaman selama 60 menit, tapi tetap standby dan melakukan pembasahan untuk mencegah ada titik api yang muncul. Kami baru kembali ke markas pukul 17.30 WIB,” tandas Anton. Ada 20 personel Damkar Kota Malang dan empat unit mobil pemadam yang terlibat dalam proses pemadaman ini.
Sehari sebelumnya, Damkar Kota Malang juga menerima laporan soal terbakarnya lahan di kawasan Jalan Merjosari Perum Joyogrand. Sabtu, pukul 10.15 WIB, Warga melaporkan adanya lahan terbakar karena asap tebal sudah mengusik ketenangan warga. Area yang terbakar, berada di belakang permukiman masyarakat.
Luas area yang terbakar adalah 400 meter persegi. Petugas yang tiba pukul 10.25 WIB, memakan waktu cukup lama untuk memadamkan api. Dengan 15 personel dan 5 unit, para pejuang api, menjinakkan api dalam waktu 180 menit. Para pemadam baru finish pembasahan sekitar pukul 13.30, dan kembali ke markas pukul 14.00 WIB.
Kebakaran ini bertahan lama karena banyaknya daun kering dan bambu-bambu yang ikut terbakar di lahan belakang perumahan Joyogrand tersebut.(fin/mp)



Loading...

  Follow Us