MalangPost - Persyaratan Terbang Jadi Lebih Mudah

Kamis, 13 Agustus 2020

  Mengikuti :

Persyaratan Terbang Jadi Lebih Mudah

Minggu, 28 Jun 2020, Dibaca : 5010 Kali

JAKARTA – Lion Air Group, kembali memberikan persyaratan wajib bagi penumpang, yang akan menggunakan jasa Lion Air, Wings Air maupun Batik Air. Yakni, calon penumpang hanya membutuhkan bukti tes kesehatan. Seperti Rapid TestPCR Test  atau surat keterangan kesehatan.

Hal itu didasarkan pada Surat Edaran Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 9 Tahun 2020, tentang perubahan atas Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Nantinya bagi calon penumpang yang bepergian di dalam negeri, hasil uji rapid test yang menunjukkan non-reaktif, masa berlakunya 14 hari. Uji kesehatan yang digunakan Reverse Transcription – Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) Covid-19, dengan hasil negatif, masa berlakunya juga 14 hari.

‘’Apabila kedua metode tes di atas tidak tersedia di daerah asal, calon penumpang harus mendapatkan surat keterangan bebas gejala. Seperti influensa (influenza-like illness) dari dokter rumah sakit atau puskesmas,’’ ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, kemarin.

Karenanya, calon penumpang harus mencermati masa berlaku dari dokumen kesehatan yang digunakan. Selain itu, kata dia, mereka juga harus memperhatikan dan memenuhi ketentuan-ketentuan perjalanan udara, sebagaimana yang diatur oleh daerah atau wilayah tertentu.

Untuk penerbangan internasional dengan keberangkatan dari luar negeri ke Indonesia, wajib menggunakan uji kesehatan RT-PCR dengan hasil negatif.

‘’Kami juga mewajibkan calon penumpang, agar mematuhi ketentuan penerbangan. Seperti tiba lebih awal di terminal keberangkatan. Minimal empat jam sebelum keberangkatan. Menunjukkan KTP atau tanda pengenal lainnya dan mengenakan masker sebelum penerbangan, saat di dalam pesawat hingga mendarat dan saat kedatangan serta keluar dari bandar udara,’’ tambah Danang.

Calon penumpang juga harus mencuci tangan dengan sabun, atau menggunakan cairan pembunuh kuman (hand sanitizer), mengikuti aturan jarak aman (physical distancing) selama di terminal bandar udara, menjaga kebersihan selama berada di dalam pesawat dan mengikuti petunjuk awak pesawat. (***)

Editor : Redaksi
Penulis : Net