Persiapkan Karir, Mahasiswa Harus Kenali Diri Sejak Dini

Jumat, 18 Oktober 2019

Minggu, 06 Okt 2019, dibaca : 546 , udi, asa

MALANG - Persaingan dunia kerja yang kian sengit, memaksa perguruan tinggi untuk melakukan berbagai upaya untuk menghadapi tantangan tersebut. Seperti yang dilakukan Career Development Center (CDC) Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Relevansi Pendidikan (LP2RP) Unisma, yang mengahdirkan Coach Career dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Nurhadi Irbath, untuk membekali para mahasiswa, Sabtu (5/10).
Ratusan mahasiswa Unisma yang hadir mulanya diberondong sejumlah kuisioner online oleh Nurhadi. Mulai dari target waktu menyelesaikan studi di Unisma, rencana yang akan dilakukan setelah lulus, karir yang diimpikan, hingga target utama yang ingin diraih dalam hidup. Jawaban beragam tentunya muncul dari para mahasiswa Unisma yang hadir turut serta dalam event tersebut.
"Saya ingin kemberikan gambaran kecenderungan mahasiswa di Unisma seperti apa melalui kuisioner ini. Karena hal mendasar untuk memulai meniti karir yang baik adalah bagaimana kita mengenali diri sendiri," jelasnya dihadapan para mahasiswa Unisma yang mengikuti Career days di Lantai 7 Gedung Pascasarjana Unisma tersebut.
Menurutnya, mengenali diri sendiri adalah hal yang harus dilakukan oleh mahasiswa sedini mungkin. Jangan sampai ketika sudah menyelesaikan studi masih belum menemukan arah jenjang karir sebenarnya yang ingin dituju. Hal tersebut tentu berakibat fatal ketika memasuki dunia kerja, mereka umumnya tidak akan passion dalam mengerjakan pekerjaannya, atau bahkan sering pindah-pindah kerjaan.
"Dalam memulai karir jangan muluk-muluk, harus ada gambaran mengenai apa yang ingin dilakukan. Maka dari itu mengenali diri sendiri adalah hal terpenting," ujarnya pada event yang juga dihadiri perwakilan BUMN ini.
Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unisma Dr. Ir. Badat Muwakhid, MP menyampaikan bahwa melalui Career days seperti ini, harapannya mereka mampu mengaktualisasikan diri ditengah masyarakat. Jangan sampai ilmu yang telah didapat tidak teraplikasikan dengan baik, dan tidak memberi manfaat pada masyarakat sekitar.
"Ini menjadi upaya agar kita semua mendapatkan ilmu yang bermanfaat, dalam konsep agama kita, orang yang tergolong celaka adalah orang sukses dalam hidupnya, punya ilmu banyak tetapi tidak bermanfaat," tuturnya.
Kepala CDC Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Relevansi Pendidikan (LP2RP) Unisma Dr. Hj. Dyah Kholili,M.Pd menyebut, bahwa serangkaian kegiatan Career Days Unisma setidaknya akan dilaksanakan hingga pertengahan Oktober ini, terdiri dari Career coaching
Workshop Business Plan KBMI, Internship Preparation, Soft Skill for Job Creator & Job Seaker, Internship Preparation, hingga Recruitment Campus. (asa/adv/udi)



Loading...