Perkuat SDM Kawasan Rumah Pangan Lestari | Malang Post

Jumat, 06 Desember 2019 Malang Post

  Follow Us


Kamis, 14 Nov 2019, dibaca : 237 , rosi, imam

AKTIF: Ketua tim Pengabdian Blockgrant FISIP UMM Ach. Apriyanto Romadhan, S.IP., M.Si, memberikan pelatihan penguatan kelembagaan kepada para anggota KRPL Dusun Maron Desa Pujon Kidul.

Pengabdian Dosen FISIP UMM 
MALANG - Dalam rangka meningkatkan kinerja Kelompok Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang ada di Dusun Maron Desa Pujon Kidul Kabupaten Malang, tim Pengabdian Blockgrant FISIP UMM memberikan pelatihan kepada pengurus dan anggota. Dengan pelatihan tersebut diharapkan kepengurusan KRPL menjadi semakin solid, dengan tugas struktural yang telah ditetapkan. 
Ketua Tim Pengabdian,  Ach. Apriyanto Romadhan, S.IP., M.Si mengatakan, pelatihan diarahkan pada penguatan kelembagaan di kelompok KRPL terkait. Sebelum adanya pelatihan, kelembagaan KRPL Dusun Maron Desa Pujon Kidul terbilang masih lemah, sehingga berimbas pada kinerja anggota yang kurang terarah. Ditambah anggota yang juga kurang respect terhadap tugas dan tanggung jawabnya. 
“Fungsi keorganisasian tidak berjalan sesuai harapan. Maka otomatis hasilnya pun jauh dari target yang diharapkan," katanya. 
Menurutnya, pengembangan kelembagaan perlu didukung dengan kapasitas SDM anggota yang dilakukan dengan cara asistensi. Bimbingan atau asistensi bisa berupa bantuan teknis budidaya, bantuan bahan dan peralatan serta praktik. 
Namun yang tak kalah penting kata dia, adalah kinerja organisasi yang ditujukan untuk menggunakan sumberdaya secara efisien dan efektif sesuai tujuan dan kebutuhan. 
"Oleh karena itu modal sosial yang baik atau dukungan dari anggota organisasi sangat diperlukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan," ucapnya. 
Dalam pelatihan tersebut, ada beberapa materi yang dijelaskan kepada peserta. Yaitu tentang tentang tugas dan fungsi organisasi. Seperti fungsi ketua sebagai leadership organisasi, sekretaris untuk fungsi administrasi dan bendahara sebagai fungsi keuangan. 
Secara kelembagaan fungsi tersebut dinilai sangat penting. Akan tetapi tetap membutuhkan dukungan dan modal sosial yang kuat. Tanpa dukungan tujuan organisasi KRPL tidak akan tercapai. 
“Intinya melalui pengabdian ini kami ingin membangun modal sosial anggota KRPL agar memiliki komitmen terhadap organisasi mereka,” ujar Yanto.
Pelatihan penguatan kelembagaan KRPL di Dusun Maron Desa Pujon Kidul telah terlaksana pertengahan bulan lalu. Pengurus dan anggota KRPL Dusun Maron dikumpulkan untuk berdiskusi tentang cara membangun kelembagaan. Dan saat ini mereka telah memiliki bekal pengetahuan membangun keorganisasian yang kuat. 
“Tujuannya agar masing-masing anggota punya tanggungjawab terhadap tugas yang dipercayakan,” kata dia. 
Yanto mengungkapkan, kedala utama yang ada di kelompok KRPL Dusun Maron yaitu kesadaran para anggotanya sehingga ketua tim merasa kesulitan menggerakkan anggotanya. Dengan penguatan kelembagaan diharapkan mereka menyadari pentingnya KRPL, untuk mewujudkan ketahan pangan dan meningkatkan nilai ekonomis masyarakat. 
“Harapan kami tidak sampai disini, rencananya awal Bulan Desember kita akan menghadirkan mahasiswa Thailand dalam program pertukaran pelajar untuk penguatan kelembagaan di Dusun Maron Desa Pujon Kidul,” tukasnya. (imm/adv/oci) 



Kamis, 05 Des 2019

Ilmu Lebih Penting Dari Gaji

Loading...