Percepat Pembangunan Desa, Kodim 0818 Gelar TMMD | Malang Post

Senin, 16 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Rabu, 02 Okt 2019, dibaca : 330 , udi, ira

MALANG - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106, kembali diselenggarakan Kodim 0818 wilayah Kabupaten Malang - Kota Batu. Bersama Pemkab Malang, TMMD kali ini diadakan di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo. Kegiatan dilakukan selama sebulan, sejak Rabu (2/10).
Pembukaan TMMD dibuka Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi di lapangan Dusun Salamrejo, Desa Kedungsalam. Ditandai dengan pemukulan gong serta penyerahan program pembangunan TMMD, dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang, Suwadji kepada Dabdim 0818 Kabupaten Malang-Batu, Letkol Inf Ferry Muzzawwad.
"Kegiatan TMMD ini sangat baik. Pemkab Malang menyediakan anggaran untuk program ini. Sedangkan yang mengerjakan pembangunan dari TNI dan juga masyarakat desa secara padat karya," ungkap Sanusi, sembari menyerahkan peralatan pembangunan secara simbolis kepada masyarakat dan TNI.
Menurutnya, kegiatan TMMD tersebut, diharapkan bisa mempercepat pembangunan desa. Sehingga segala kekurangan yang ada di desa, terutama untuk masyarakat miskin bisa segera teratasi dengan kegiatan itu. "Melihat rencana program yang telah disusun, saya optimis hasil dari kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Kedungsalam dan Kecamatan Donomulyo pada umumnya. Karenanya saya mengajak masyarakat untuk memberikan dukungan dan turut berpartisipasi. Sinergitas dan kekompakan dapat mendorong pencapaian pembangunan dalam skala lebih luas," terangnya.
Sanusi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memahami, bahwa dalam setiap pelaksanaan TMMD juga menyimpan nilai luhur yang tersirat. Antara lain bentuk semangat kebersamaan, gotong royong dan nilai persatuan sebagai sebuah bangsa. TMMD juga merupakan wahana untuk meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional.
Terpisah, Dandim 0818 wilayah Kabupaten Malang - Kota Batu, Letkol Inf Ferry Muzawwad, mengatakan, TMMD ke 106 di Desa Kedungsalam, merupakan bentuk sinergi antara Kodim 0818 Kabupaten Malang - Kota Batu dengan Pemkab Malang dalam membangun desa.  "Kami melibatkan sebanyak 350 prajurit untuk mensukseskan program ini. Kegiatan TMMD ini diselenggarakan selama satu bulan," jelas Ferry Muzawwad.
Dikatakan, selama satu bulan penuh menjalankan program TMMD, prajurit TNI akan menginap di rumah-rumah warga. Mereka juga berbaur dan berinteraksi dengan masyarakat yang ada di desa. Harapannya, supaya terjadi kedekatan antara TNI dengan masyarakat. "Paling penting dan utama, adalah supaya tidak ada sekat antara TNI dengan masyarakat. Karena bersama rakyat, TNI kuat. Apalagi TNI juga lahir dari rahim masyarakat, sehingga sudah sewajibnya melindungi masyarakat," urai Ferry.
Selama satu bulan, prajurit TNI akan melakukan program pembangunan. Baik fisik ataupun non fisik. Diantaranya rehab rumah tidak layak huni, pembangunan jalan serta jembatan. Sekaligus memberikan wawasan kebangsaan kepada masyarakat. (agp/udi)



Senin, 16 Des 2019

Gondanglegi Kena Trase Tol

Loading...