Percantik Jalan, Pemdes Sukonolo Bangun Taman | Malang Post

Minggu, 15 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Jumat, 30 Agu 2019, dibaca : 634 , Udi, ira

MALANG - Beragam upaya dilakukan Pemerintah Desa Sukonolo, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang untuk mempercantik wilayahnya. Salah satunya dengan membangun taman. Yang menarik, taman dibangun berhimpitan dengan saluran air di jalan desa tersebut.
Trimo, salah satu warga mengatakan, pembangunan taman ini dilakukan sejak 2018 lalu. Berawal dari saluran air yang mengalam kerusakan, dan kondisinya memprihatinkan. "Awalnya pemerintah desa hanya ingin memperbaiki saluran air yang rusak saja, tapi kemudian berkembang, dengan menambah taman di samping saluran air," ungkapnya.
Taman yang dibangun tidak sekadar menanam bunga. Tapi juga beragam properti di atasnya. Menurut Teimo, properti yang dipasang itu agar taman terlihat kebih indah. "Ada juga jembatan kecil untuk memudahkan warga menuju ke sawah," ungkap Trimo.
Sejauh ini pembangunan taman dan saluran air tersebut sudah mencapai 95 persen. Dia yakin akhir bulan nanti pekerjaan pembangunan tersebut selesai. "Di barat ada tempat duduk-duduk yang dapat digunakan warga bersantai. Sedangkan di baratnya lagi ada taman bermain. Ya minimal, warga bisa menikmati keindahan disini. Termasuk pengendara kendaraan bisa nyaman, saat melintas di jalan ini," tambahnya.
Sekalipun mengetahui tahapan pembangunan dan prosesnya, namun Trimo yang juga ikut mengerjakan taman dan saluran air tersebut tidak mengetahui anggaran yang digunakan untuk pembangunan. "Kalau itu yang tahu Pak Kades. Kalau kami disini hanya pekerja saja," tambahnya.
Menurut Trimo, dengan dibangunnya saluran air ini, ke depan tidak ada lagi air meluber ke jalan. Sebelum saluran air diperbaiki, air dari saluran air tersebut kerap meluber ke jalan. Terutama saat musim penghujan. "Ini juga ada larangan dari pemerintah desa agar warga tidak membuang sampah disaluran air. Jika diketahui ada warga yang membuang sampah, maka langsung dikenakan sanksi. Juga jika ditemukan ada sampah di saluran air, siapapun yang melihat harus mengambil. Ini untuk menjaga kebersihan saluran air, dan mengantisipasi saluran air tersumbat," tandasnya. (ira/udi)



Jumat, 13 Des 2019

Skadron 32 Lanud Abd Saleh

Loading...