MalangPost - PERANGI BALAP LIAR, TILANG 52 PEMOTOR

Rabu, 05 Agustus 2020

  Mengikuti :

PERANGI BALAP LIAR, TILANG 52 PEMOTOR

Senin, 27 Jul 2020, Dibaca : 1095 Kali

Balap liar di Kota Malang masih sering terjadi. Ini juga dikeluhkan pengguna jalan, karena aksi pembalap liar di jalanan jelas sangat membahayakan. Menindaklanjuti hal ini, selain menekan angka kecelakaan lalu lintas dan menciptakan rasa aman bagi masyarakat Polresta Malang Kota menggelar patroli dengan sasaran khusus pembalap liar. Bersamaan dengan gelaran Operasi Patuh Semeru 2020,  Minggu (26/7/2020) dini hari, petugas Satlantas Polresta Malang Kota berkeliling ke lokasi-lokasi yang diduga sering digunakan untuk balap liar. 

Uniknya, saat petugas berpatroli, para pembalap liar tidak ngetrek di jalanan. Namun, petugas yang tak mau kecolongan, segera melakukan sweeping. Kali ini petugas mengepung kerumunan pengendara motor di kawasan Jl Ciliwung, Kota Malang. "Kalau dibilang nongkrong, namun sepertinya kok ada tujuan lain. Sebab mereka seperti melihat ke jalan menunggu sesuatu. Kita datangi ternyata banyak motor protolan dan bahkan juga tanpa disertai STNK," ujar Kasat Lantas Polresta Malang Kota AKP Ramadhan Nasution SIK.

Petugas menemukan motor dengan knalpot brong. Saat dilakukan pemeriksaan, banyak motor yang tidak lengkap komponennya. Seperti tanpa spion, tanpa plat nopol , bahkan tidak bawa SIM dan STN. Banyak juga motor dengan kondisi tidak standart. "Sebanyak 52 pengendara motor kami tilang," ujar AKP Ramadhan. Untuk motor yang tidak dilengkapi STNK diamankan ke Polresta Malang Kota. Dari 52 lembar tilang tersebut, diamankan 25 motor dan 27 STNK. 

Selain itu bagi yang terkena tilang, sempat dibawa ke Mapolresta Malang Kota. Mereka diberikan edukasi tentang peraturan berlalu lintas serta pembinaan supaya bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

"Kami lakukan pembinaan dan edukasi supaya mereka bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Disiplin dalam berkendara dan selalu mematuhi peraturan berlalu lintas. Lengakapi kelengkapan kendaraan sesuai standart nya dan jangan lupa selalu memakai helm SNI," ujar AKP Ramadhan. Giat Operasi Patuh Semeru 2020 strong point antisipasi balap liar ini,  petugas juga membagikan masker kepada pengendara kendaraan bermotor.

Editor : yan
Penulis : mmt