Penutupan Expo Pembangunan Datangkan Anji | Malang Post

Senin, 09 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Kamis, 05 Sep 2019, dibaca : 729 , mahmudi, agung

MENINJAU STAND: Plt. Bupati Malang, Drs. HM. Sanusi meninjau stand di Expo Pembangunan 2019.

Berharap IKM dan UKM Kabupaten Go Internasional
MALANG- Drs. H. M. Sanusi, Plt. Bupati Malang berharap hasil produk para pelaku IKM dan UKM di Kabupaten Malang bisa go internasional. Karenanya, Expo Pembangunan 2019 yang digelar di halaman luar Stadion Kanjuruhan Kepanjen sejak Rabu (4/9), bisa menjadi wadah bagi pelaku IKM dan UKM untuk mengenalkan sekaligus promosi hasil produknya.
"Expo Pembangunan ini adalah pesta rakyat. Ada ratusan stand hasil produk IKM dan UKM. Melalui event ini, saya berharap hasil produk tidak hanya dikenal di wilayah Kabupaten Malang saja, tetapi bisa sampai nasional, dan bahkan internasional," ungkap Sanusi.
Dikatakan, Expo Pembangunan, tidak hanya sekadar pamer hasil produk. Tetapi bertujuan lebih mengangkat nama produk-produk lokal di Kabupaten Malang. Sehingga diharapkan bisa meningkatkan pendapatan para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) ataupun Usaha Kecil Menengah (UKM). "Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan ini, adalah salah satu upaya dari Pemkab Malang untuk mendorong produk lokal supaya lebih dikenal masyarakat luas," ujarnya.
Tidak hanya itu, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, juga mengatakan ke depan hasil produk para pelaku IKM dan UKM ini harus bisa diterima oleh pemilik retail modern. Terutama yang memiliki gerai di wilayah Kabupaten Malang.
Hal ini, sesuai dengan saran dari Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Drs. Suhanto, MM, bahwa retail modern wajib menerima hasil produk lokal. Termasuk pemilik retail harus bisa memberikan pembinaan dan bimbingan kepada pelaku IKM dan UKM, supaya hasil produknya layak dan bisa diterima. "Ketika hasil produk para pelaku IKM dan UKM sudah berkembang, maka secara otomatis kondisi perekonomian mereka juga akan meningkat," tuturnya.
Expo Pembangunan 2019 tersebut digelar selama lima hari. Mulai Rabu (4/9) sampai Minggu (8/9). Ada ratusan stand yang memamerkan hasil produksi dari para pelaku IKM dan UKM. Termasuk ada stand dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan peserta dari luar daerah.
Event tahunan dalam menyambut Hari Jadi ke-1259 Kabupaten Malang itu dibuka Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Drs. Suhanto, MM, dan pada penutupan nanti, akan hadir artis dari Jakarta, yakni Anji.
Setelah pembukaan kemarin, Sanusi bersama Suhanto serta Ketua DPRD Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto mengunjungi stand. Mereka datang ke setiap stand untuk mencicipi dan melihat langsung hasil produk para pelaku IKM dan UKM. (agp/udi)
 



Loading...