Penjernih Aquarium Korslet, Rumah Hangus | Malang Post

Kamis, 12 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Senin, 02 Sep 2019, dibaca : 462 , Halim, Fino

Petugas Damkar Kota Malang saat memadamkan api di lantai dua rumah Jalan Raya Sawojajar gang 13A.

MALANG - Ruang lantai dua kediaman dari Karyanto, 55, warga Jalan Raya Sawojajar gang 13A nomor 34, RW 03, Kelurahan Sawojajar, hangus disantap si jago merah. Rumah sekaligus toko sembako tersebut mengeluarkan api dan kepulan asap. Masyarakat gang 13 pun dibuat panik.
Rahayuningsih, tetangga korban kebakaran mengungkapkan, peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 11.30. “Waktu itu, pak Totok (sapaan Karyanto) sedang menimbang gula. Tiba-tiba asap dan api muncul dari lantai dua,” kata Rahayu kepada Malang Post.
Dari keterangan yang dihimpun, api diduga kuat berasal dari alat penjernih aquarium yang mengalami korsleting. Api percikan korsleting aquarium, mengenai kasur busa dan dipan kayu. Akibatnya api merambat ke seluruh ruangan di lantai dua rumah yang dihuni oleh dua kepala keluarga ini.
Ruangan yang terbakar seluas 6 x 8 meter persegi.
“Pak Totok masih terus menyirami area yang terbakar sehingga sampai terkena api di bagian tangannya. Sementara tetangga menolong, lalu menghubungi petugas Damkar Kota Malang,” ujar Rahayu. Tak lama, setelah laporan dikirim, mobil pemadam merapat ke lokasi.
Petugas Damkar mengarahkan nozel ke arah titik api dan mulai bertarung melawan si jago merah. Selama kurang lebih satu jam, petugas Damkar berjibaku dengan api. Saat api mulai padam, petugas tak langsung pulang. Karena, dari bagian atap, muncul asap yang mengepul. Ternyata, masih ada titik api yang tersembunyi di bagian rangka atap.
Petugas membongkar atap dari bagian atas, mengulur selang hingga ke lantai dua, dan menyemproti titik api sampai benar-benar tak ada asap. Kepala Damkar Kota Malang, Anton Vera mengungkapkan, karena lokasinya yang berada di permukiman padat penduduk, Damkar Kota Malang mengirim 6 unit pemadam dengan 30 personel petugas.
Tujuannya untuk mengantisipasi semua kemungkinan.
“Kami mengerahkan 6 mobil pemadam, 30 personel, untuk memadamkan api. Penyebab diduga adalah korsleting listrik pada alat penjernih air di aquarium lantai dua rumah korban. Kerugian diestimasi sekitar Rp 50 juta,” tambah Anton dikonfirmasi Malang Post.(fin/lim)



Rabu, 11 Des 2019

Kabur Demi Nikahan Anak

Loading...