Penipuan Modus Jual Padi Siap Panen | Malang Post

Minggu, 15 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Selasa, 03 Sep 2019, dibaca : 1384 , Halim, rdb

Pelaku diduga melakukan penipuan di Jawa Timur dan luar Jawa


PROBOLINGGO – Aksi tipu-tipu yang dilakukan tersangka Suburiyanto, 41, warga Pandean Kecamatan Paiton Kabupaten Probrolinggo, terus didalami. Ditengarai tersangka tak hanya melakukan penipuan di wilayah hukum Polres Probolinggo. Namun, hampir di seluruh Jawa Timur dan luar Jawa.
Sebelumnya, Kamis (29/8), sekitar pukul 18.30, Suburiyanto ditangkap anggota Polsek Kraksaan. Dia disangka menipu sejumlah warga dengan modus menjual padi di sawah dan siap panen. Ternyata, padi yang dijual bukan miliknya. Karenanya, tersangka ditangkap. Dia disangka melanggar pasal 378 KUHP tentang Penipuan.
Kapolsek Kraksaan Kompol Joko Yuwono mengatakan, tersangka melakukan penipuan bersama istrinya, Sanati. Mereka kompak menipu sejumlah orang di Kabupaten Probolinggo. “Istrinya sudah kami amankan terlebih dahulu. Penangkapannya sekitar sebulan lalu. Penangkapan terhadap pelaku ini (Suburiyanto) pengembangan dari istrinya,” ujarnya.
Joko mengaku, pihaknya masih terus menyelidiki kasus ini. Pasangan pelaku suami-istri ini ditengarai melakukan penipuan di hampir seluruh Jawa Timur dan di luar Jawa. “Tapi, kami masih terus melakukan pengembangan,” lanjutnya.
Sejauh ini baru dua korban yang melaporkan kejahatan kedua tersangka. Joko berharap, bila ada korban lain untuk segera melapor. “Kami imbau kalau ada yang merasa tertipu, silakan melapor. Kami menunggu laporan para korban,” harapnya.(rdb/lim)



Loading...